Pemerintah Pusat Siap Selesaikan Jalan Sentani-Depapre

Sejumlah warga dari Wilayah Sentani Barat, saat melakukan aksi protes kepada pemerintah yang tidak kunjung mengerjakan Jalan Sentani- Depapre. (Dok Cepos)

*Syaratnya Pemda Sudah Selesaikan Masalah Sosial yang Muncul

SENTANI– Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum telah menyiapkan anggaran untuk menyelesaikan pekerjaan Jalan Sentani-Depapre yang telah ditinggal lama akibat masalah korupsi.

Namun pemerintah pusat meminta kepada daerah untuk menyelesaikan masalah sosial yang kemungkinan besar terjadi ketika jalan itu dikerjakan.  Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura,  Alphius Toam, sesuai petunjuk dari Kepala Balai Wilayah Jalan Provinsi Papua.

” Meminta Bupati untuk memfasilitasi supaya ketika pekerjaan jalan ini dilakukan harus ada kepastian untuk menyelesaikan, ketika nanti akan ada masalah-masalah sosial yang muncul.  Setelah pekerjaan jalan,  pemerintah tidak ingin kembali terhambat karena ada masalah sosial,”ungkapnya .

Lanjutnya, pekerjaan jalan ini membutuhkan lebar jalan sekitar 15 meter.  Sepanjang 15 meter ini pasti ada dampak sosial sehingga ini yang perlu didiskusikan bersama.  Pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Jalan meminta pemerintah Kabupaten Jayapura menyelesaikan persoalan ini dengan meminta komitmen dari seluruh masyarakat yang ada di sekitar kawasan Jalan Sentani-Depapre agar tidak melakukan hambatan pekerjaan ruas jalan tersebut.  ”Pada saat pelaksanaan pekerjaan jalan ini tidak boleh timbul permasalahan.  Baik itu tuntutan ganti rugi ataupun masalah lain,” imbuhnya.

Apabila sudah ada kepastian, maka pekerjaan ruas Jalan Sentani – Depapre akan segera dilelang.  Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura harus melakukan upaya percepatan, karena dari Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Marga meminta kepastian tersebut.

“Pekerjaan ruas jalan ini secepatnya akan dilakukan, namun tergantung komitmen dan konsisten dari pernyataan masyarakat,”tandasnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *