Kapolda: Hindari Sikap Kontraproduktif dari Prinsip Pelayanan Prima!

Kapolda Papua, Irjend Pol Mathius Fakhiri menerima pengalungan bunga dari tim penyambutan sesaat sebelum peresmian Polsek Yendori di Biak, Jumat (22/4). (Humas Polda for Cepos)

JAYAPURA-Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Papua memberi penekanan terhadap seluruh anggotanya yang bertugas di daerah terlebih di kampung – kampung untuk menjaga wibawa Polri di mata masyarakat.

    Jajaran Polri di Papua juga diminta  menjalankan tugas dengan sepenuh hati. Ia tak mau anggotanya di lapangan justru tidak peka, tidak merespon apa yang disampaikan warga apalagi sampai menyakiti hari warga.

    Ini disampaikan Mathius Fakhiri saat mengunjungi Kabupaten Biak sekaligus meresmikan Mapolsek Yendidori Baru dan meninjau gerai vaksinasi poliklinik Polres Biak Numfor pada Jumat (22/4). Saat menyampaikan amanah ini Kapolda Fakhiri didampingi PJU Polda Papua, Kapolres Biak Numfor AKBP Adi Tri Widiyanto, S.H., S.I.K., Wakapolres Biak Numfor Kompol Jeffri P. Tambunan, S.H., S.I.K., Kapolsek Yendidori Ipda Ridwan Nanang B., Kadistrik Yendidori Karel Mansnembra, Wadanramil Yendidori Letda Sarulapa serta Forkopimda terkait.

    Kapolda juga mengapresiasi kepedulian para tokoh, khususnya yang telah kut mendukung hadirnya Polri di tengah – tengah masyarakat. Ada beberapa penekanan yang disampaikan jenderal bintang dua ini. Pertama untuk menjaga dan pelihara bangunan kantor yang sudah ada, kedua meningkatkan kinerja setiap petugas kepolisian sebagai jawaban atas peningkatan sarana dan prasarana yang sudah ada serta hindari setiap tindakan, perbuatan, perkataan dan sikap yang kontraproduktif dengan prinsip-prinsip pelayanan yang prima, ketiga  jadikan setiap kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya.

   “Ini yang harus dipahami dan terkadang terlupa, jaga sikap di lapangan, harus santun dan tidak melakukan tindakan yang justru tidak disukai warga. Ingat, kantor Polisi  juga menjadi rumah masyarakat dalam hal pelayanan dan menyelesaikan masalah,” tegas Fakhiri. Iapun memberikan penekanan kepada Kapolsek Yendidori dan seluruh perangkatnya agar mengatur ruang pelayanan dengan baik sehingga terasa nyaman.

   Kapolda Papua mengatakan Biak Numfor merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua, wilayahnya terdiri dari pulau-pulau yang secara geografis terletak pada posisi yang sangat strategis dimana dari 19 distrik di Kabupaten Biak Numfor, Distrik Yendidori merupakan wilayah yang sangat luas yaitu sekitar 242,84 Km². Dari catatan ini akhirnya dianggap perlu peningkatan sarana dan prasarana dalam peningkatan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

   Selain itu, sesuai dalam salah satu Program Polri Presisi yang dicanangkan oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. listyo Sigit Prabowo, M.Si, yaitu kebijakan tranformasi organisasi penataan kelembagaan.  Dari amanat diatas, Polda Papua melalui Polres Biak Numfor bersama Pemkab Biak Numfor dan instansi terkait berupaya memberikan perhatian dan pelayanan dimana salah satunya menjawab dengan terselesaikannya pembangunan Mako Polsek Yendidori Polres Biak Numfor.

   Kapolda Papua melaksanakan kunjungan kerja didampingi pejabat Utama Polda Papua di Kabupaten Biak dalam rangka meresmikan Polsek Yendidori dan meninjau Gerai Vaksin Poliklinik Polres Biak Numfor.

   Sehari sebelumnya Kapolda Papua bersama rombongan juga melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Supiori untuk meninjau Gerai Vaksinasi Presisi Polres Supiori. Kapolres Biak Numfor mengatakan dengan adanya Polsek ini diharapkan bisa memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat dan juga semoga bisa berikan keamanan terbaik kepada masyarakat. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *