Trigana Boeing Resmi Beroperasi Kembali

Penumpang Pesawat Trigana Air Servis Boeing 737 Seri 500 saat mengangkut penumpang dari Bandara Wamena ke Jayapura, Senin, (18/4). (Denny/ Cepos)

WAMENA—Pesawat Trigana Air Service tipe Boeing 737 Seri 500 akhirnya kembali beroperasi di Wamena setelah 3 tahun digantikan oleh pesawat ATR 72 Seri 700.

Manager Trigana Air Service Wamena, Michael Biduri menyatakan, Senin, (8/4), kemarin, Trigana kembali mengoperasikan pesawat Boeing 373 Seri 500 yang pernah melayani angkutan Wamena -Sentani Tahun 2019 lalu, namun berhubung pandemi Covid -19 dan protokol kesehatan yang memang ketat sehingga pihaknya tidak mengoperasikan pesawat tersebut.

“Saat ini aturan penerbangan mulai ringan sehingga menagemen pusat mengirim pesawat Boeing 737 Seri 500 dengan nomor penebangan PK-YSC untuk mengangkut penumpang,” ungkapnya, Senin (18/4), kemarin

Ia menjelaskan, untuk hari pertama ini baru melayani dua kali penerbangan dari Wamena, di mana satu kali penerbangan bisa mengangkut 123 penumpang dari Sentani.

“Kalau kita melihat trend kedepan menjelang Idul Fitri, akhir tahun, dan memasuki tahun politik itu memang lonjakan penumpang sangat luar biasa, sehingga pesawat ini bisa didatangkan dan beroperasi kembali di Wamena,” jelasnya.

“Kita berikan kompensasi nilai uang karena kalau penumpang membeli tiket dengan harga Rp 700-800 ribu, kalau membawa bagasi maka pasti akan keluarkan uang lagi untuk kelebihannya, kita sengaja memasang tarif ini karena melihat ada aviasi lain juga yang mengangkut penumpang sehingga masyarakat Wamena punya pilihan,” bebernya.

Dikatakan, pemberian pilihan kepada masyarakat ini agar jika ada penumpang yang ingin terbang tanpa membawa barang, mungkin bisa memilih aviasi yang lebih murah, tapi tak ada free bagasi, dan juga menghindari penilaian jika Trigana monopoli.

“Saya rasa masyarakat Jayawijaya sudah paham dan bisa menentukan pilihan soal penerbangan yang akan dipilih sesuai kebutuhannya, kita sengaja memberikan pilihan, rencananya pesawat ini akan terus beroperasi di Papua,” katanya.

Ia juga menambahkan, Trigana Air Service juga telah membuka sistem pembelian tiket secara online agar menghindari percaloan dan sistem itu baru dibuka sejak kemarin, sementara untuk pesawat ATR tetap digunakan untuk melayani penerbangan di daerah lain seperti Jayapura — Biak — Serui- Dekai-Tanah Merah — Oksibil.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *