FKUB Bentuk dari Toleransi Umat Beragama

Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt.Lipiyus Biniluk bersama tokoh agama Islam, Budha, Hindu dan Katolik saat melakukan dialog interaktif, baru -baru ini. (Dok. FKUB for Cepos)

Merayakan Paskah dan Ibadah Puasa adalah Perwujudan Kasih

JAYAPURA– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua menggelar dialog interaktif sebagai perwujudan toleransi. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani dan bulan suci Ramadan bagi umat muslim. FKUB Provinsi Papua menggelar dialog interaktif yang dilaksanakan di studio 1 Jaya TV.

   Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari semua agama yang ada di Provinsi Papua dengan tema dari dialog yaitu “Perayaan Paskah dan menjalankan ibadah puasa adalah perwujudan kasih”.

   Menurut Pdt. M.P.A. Maury S.Th., sebagai tokoh agama Kristen di Papua, tokoh agama akan memberikan keteladanan kepada umatnya sehingga menjadi contoh bersatu dan berjalan bersama   “Selamat Hari Raya Paskah bagi semua umat Kristiani dan bagi umat muslim selamat menjalankan ibadah puasa,”ungkapnya, Sabtu (16/4).

   Sementara itu, Pastor Rusmaji mengatakan, dalam kasih ada dua hal yang saling berkaitan dalam rangka berjalan bersama. Antara pemimpin dan umat harus ada keselarasan demi mencapai kedamaian, kesatuan serta kerukunan.  FKUB dan masyarakat Papua menjadi rumah sekaligus sekolah untuk kerukunan agar antar umat beragama saling mengasihi.

  Sementara itu, Ketua MUI Papua KH Syaiful Islam Al-Payage menambahkan pentingnya persaudaraan antar umat beragama ini, sangat penting sekali dan negara harus bisa hadir memberikan kepastian dan menjamin semua pemeluk agama di Indonesia, agar apa yang ditanamkan negara benar-benar memberikan kepastian dan bisa disampaikan betul-betul sampai ke masyarakat.

   KH.Payage berharap, kerukunan dan toleransi umat beragama di Indonesia khususnya di Papua benar-benar bisa diimplementasikan dengan baik, agar nilai-nilai agama yang dimiliki salah satu satu wujudnya adalah menjaga persaudaraan antar umat beragama, sehingga akan membawa kedamaian dan kesejahteraan serta mendapatkan nilai-nilai positif.

   Ketua PHDI Papua I Komang Wardana berharap, dalam menjalankan bulan suci Ramadan dan Paskah pihaknya memberikan apresiasi dan ini kembali kepada Tri Karya Parisadha, bagaimana berpikir berkata dan berbuat.

  Selaku tokoh agama Budha Ponco Sampurna juga mengimbau agar agama islam dan kristen serta umat beragama lainnya bisa sakibg berpartisipasi aktif menciptakan suasana rukun, damai dan harmonis Seraya terus mendukung pemerintah dalam percepatan pembangunan.

   Diucapkan juga terima kasih kepada TNI Polri yang selama ini telah bekerja keras menjaga keamanan selama bulan suci Ramadan dan Paskah. Ketua FKUB Provinsi Papua Pdt. Lipiyus Biniluk berharap umat Kristiani terus terus menjaga rasa persaudaraan dengan umat muslim khususnya dalam menjalankan ibadah puasa agar semua elemen agama betul-betul membangun kebersamaan. Tak lupa diucapkan selamat merayakan Paskah dan Jumat Agung bagi umat Kristiani.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *