Kebut Target Vaksinasi, BINDA Papua Gelar Vaksin Malam Hari di Masjid

Kabagops Binda Papua, Kolonel Inf. Rachmad Pudji saat menyerahkan bantuan sembako bagi warga yang telah di vaksin di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura

JAYAPURA – Rendahnya capaian vaksinasi di Provinsi Papua cukup memprihatinkan. Hal ini menjadi perhatian Badan Inteligen Negara Daerah Papua untuk menggelar vaksinasi massal di bulan Ramadhan guna memenuhi capaian target vaksinasi Covid 19 di Provinsi Papua.

“Kita melaksanakan apa yang dimandatkan pemerintah untuk target 70 persen seperti daerah lain di Indonesia,” ujar Kabagops Binda Papua, Kolonel Inf. Rachmad Pudji kepada awak media di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura pada Kamis, (14/04).

Ini bukan yang pertama kalinya, Binda Papua sudah aktif mendukung vaksinasi sejak November 2021 lalu. “Kita sudah sejak bulan November dan akan terus berlanjut sampai akhir tahun nanti. Demi melayani kebutuhan vaksinasi masyarakat,” terangnya.

Uniknya, kali ini dalam semarak bulan Ramadhan, vaksinasi dilakukan disejumlah Masjid usai Solat Tarawih berjamaah. “Ada 5 hingga 10 masjis yang akan kita gelar vaksinasi. Contohnya seperti pada malam ini di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura dilakukan setelah tarawih,” ucapnya.

Pihaknya mengungkapkan vaksinasi menargetkan para jamaah di Bulan Ramadhan, namun tetap akan menerima siapa saja yang datang. Tidak hanya untuk golongan tertentu. “Memang MUI sudah memberikan pernyataan bahwa vaksin saat puasa hukumnya halal dan tidak membatalkan puasa, namun untuk menghilangkan keraguan masyarakat maka kita laksanakan vaksin pada malam hari dan langsung di Masjid sehingga memudahkan jemaah,” jelasnya.

Tidak hanya di tempat ibadah, pihaknya juga melakukan vaksinasi diberbagai fasilitas publik seperti mall, sekolah, lapas dan lain sebagainya. “Ya kita berharap kalau siang bisa mencapai seribu kalau malam bisa diangka 100an lah. Semoha bisa tercapai dan utamanya lagi, masyarakat merasa terbantu,” imbuhnya.

Untuk hari ini per Kamis (14/04) capaian vaksinasi Binda Papua khusus Kota Jayapura mencapai total 481 orang dan untuk vaksinasi di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura 101 orang terdiri dari vaksin tahap pertama, tahap kedua dan tahap ketiga/booster. “Kita menggandeng satuan kesehatan baik dari Kesdam XVII Cenderawasih, Biddokkes Polda Papua maupun Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuknl kebut capaian vaksinasi,” tandasnya.

Direncanakan besok pihaknya juga akan menggelar vaksinasi di Masjid yang berlokasi di Sentani dan juga Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jayapura. (Rhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *