Polsek Abepura Nyaris Diserang

Sejumlah aparat Kepolisian saat memberikan penjelasan kepada warga yang mendatangi Mapolsek Abepura untuk menanyakan penangkapan 15 orang terduga pelaku Curas, Rabu (13/4) sore. (Polsek Abepura)

*Pasca Amankan 15 Terduga Pelaku Curas di Sentani

JAYAPURA-Situasi di wilayah lingkaran Abepura pada Rabu sore (13/4) kemarin mendadak tegang. Sejumlah polisi dengan membawa senjata melakukan pengejaran di jalan poros Abepura.
Ini akhirnya membuat jalan utama Abe terlihat mencekam. Tak hanya itu, dari pengejaran ini polisi beberapa kali mengeluarkan tembakan ke udara sehingga membuat warga semakin ketakutan.
Ini tak lepas dari upaya pengejaran yang dilakukan anggota Polsek Abepura bersama Polsek Heram untuk mengamankan terduga pelaku tindak pidana pencurian dan perampasan (curas) yang terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura. Rabu (13/4) sore.
Namun satu jam kemudian situasi di sekitar Lingkaran Abepura kembali normal. Tercatat ada 15 orang yang diamankan dari perbuatan curas tersebut.
Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd melalui Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak, membenarkan ada 15 orang terduga pelaku curas yang diamankan. Mereka adalah WHY (22), WYW (20), AEK (22), NW (19), NW (26), MY (22), TK (20), AW (20), WY (22), WW (23), YKB (21), LK (19), FW (19), TW (23) dan KY (22).
“Sudah kami amankan dan langsung diserahkan ke Polres Jayapura karena TKP awalnya di sana,” kata Lintong dalam rilis yang dikirimkan Humas Polresta Jayapura Kota, kemarin
Lebih lanjut lagi kata Kapolsek, saat mengamankan para terduga pelaku menggunakan truk Dalmas Polres Jayapura ternyata rekan-rekan para terduga pelaku dari Asrama Tolikara tengah berdiri dan duduk di depan gerbang pagar pintu Mapolsek Abepura yang ingin menghadang sehingga terlihat seperti Polsek akan diserang.
Polisi lanjut Lintong sudah mengarahkan mahasiswa untuk bubar dari gerbang namun rekan-rekan para terduga pelaku tetap bertahan dan menutup pagar dan saat mobil Dalmas hendak keluar masyarakat dari Asrama Tolikara menghadang dan mendorong pintu gerbang serta melakukan perlawanan terhadap personel yang mengamankan truk yang hendak membawa ke-15 terduga pelaku.
“Melihat hal tersebut gabungan personel polsek Abepura, Polsek Heram dan Polres Jayapura dengan terpaksa membubarkan massa dengan mengeluarkan gas air mata dan tembakan peringatan sehingga massa bubar melarikan diri ke arah jalan Biak dan Jalan Gerilyawan Abepura,” ungkap Lintong.
Ia pun menjelaskan penangkapan 15 orang terduga pelaku curas bermula ketika Polres Jayapura menghubungi Polsek Heram untuk membantu mengecek para terduga pelaku tindak pidana curas yang menggunakan mobil pikap PA 8281 dan mobil pikap DS 8177 AG di Asrama Tolikara.
“Saat dicek, keberadaan para pelaku dan mobil yang digunakan ternyata ada di Asrama Tolikara kemudian para pelaku keluar dari asrama menggunakan salah satu mobil pikap menuju Abepura sehingga personel Polsek Heram mengikuti dan menghubungi Polsek Abepura selanjutnya menghadang para pelaku di depan Kantor Pos Abepura,” beber Lintong.
Usai pembubaran ini, situasi di seputaran Lingkaran Abe dan sekitarnya berangsur kondusif dan ke-15 terduga pelaku telah diserahkan ke Polres Jayapura. Perlu diketahui ke-15 terduga para pelaku diduga telah melakukan penjarahan dan pencurian disertai kekerasan di salah satu supermarket di Kabupaten Jayapura. Selain itu mereka juga diduga mengambil mobil pikap. (ade/ana/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *