Covid Mereda, Kota Jayapura Masih PPKM Level 3

TETAP PROKES_Meski kasus penyebaran Covid-19 sudah mereda, dan peribadatan diizinkan 100 persen, namun protokol kesehatan tetap harus ditaati. Tampak sejumlah umat Katolik Paroki Gembala Baik Abepura saat pulang ibadah Minggu Palma, Minggu (10/4) lalu. (Agung/Cepos)

Capaian Vaksinasi Lansia dan Anak Rendah
JAYAPURA=Kendati pemerintah Kota Jayapura telah memberikan akses kelonggaran aktivitas masyarakat, seiring meredanya penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura, namun tak bisa dipungkiri bahwa Kota Jayapura masih dalam PPKM Level 3.
“Kita masih di level 3 ya, karena vaksin lansia dan anak-anak masih tergolong rendah. Ini yang kita sayangkan,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura dr Ni Nyoman Sri Antari.
Untuk itu pihaknya akan terus berupaya untuk menggencarkan vaksinasi kepada anak dan lansia. “Untuk yang anak karena keterbatasan, jadi kita berikan khusus jenis sinovac. Juga vaksin ini efeknya tidak terlalu keras bagi anak, paling hanya ngantuk. Sedangkan yang booster itu bisa demam,” ujarnya.
Sementara itu, untuk lansia mengalami hambatan karena banyak komorbidnya. Sehingga tidak bisa divaksin. “Selain itu juga ada yang berpikir ah, lansia, umurnya tinggal sedikit jadi tidak usah divaksin, begitu. Tapi biar bagaimanapun mereka orangtua kita, tetap harus diajak vaksin. Orang tua saya udah vaksin 2 kali,” ujarnya.
Dari data yang dihimpun Satgas Covid-19 Kota Jayapura, capaian vaksinasi untuk Lansia dosis pertama sebanyak 34,12%, dosis kedua sebanyak 27,18%, dosis ketiga sebanyak 4,71%. Sedangkan untuk anak-anak dosis pertama sebanyak 17,98%, vaksin kedua sebanyak 9,81% dan dosis ketiga sebanyak 0%.
“Kita berharap ini terus meningkat di atas 50% sehingga secepatnya kita bisa turun ke level 2,” tandasnya. (Rhy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *