Dari 14 Kampung, 9 Kampung Lakukan Pemilihan Serentak

Dr Ir H Rustan Saru, MM (ayu/cepos)

JAYAPURA – Pemilihan Kepala Kampung di Kota Jayapura telah dilangsungkan di 9 kampung dari 14 kampung pada Jumat (1/4). Sembilan kampung yang dikatakan siap secara administrasi untuk melakukan pemilihan adalah Kampung Mosso, Skouw Mabo, Skouw Sae, Skouw Yambe, Koya Tengah, Koya Koso, Enggros, Holtekamp dan Kayu Pulo.
“Tetapi ada satu yang tertunda yaitu di Skouw Sae karena tadi ada persoalan tertukar nomor urut. Jadi ditunda untuk besok (sabtu.red) yang satu itu,” ungkap Wakil Wali Kota Jayapura, Dr Ir. Rustan Saru, MM kepada Cenderawasih Pos, Jumat (1/4) sore.
Rustan mengatakan pemilihan berjalan dengan lancar dan dipenuhi antusias masyarakat. “Semua berjalan lancar dan tadi masih tahap perhitungan sampai jam 4 dan sedikit lagi selesai,” terangnya.
Rustan melanjutkan, Masyarakat kampung datang semua ke TPS dengan membawa undangan. Dari warga yang dikasih undangan sesuai dengan DPT, dan bagi warga yang tidak punya undangan tapi punya KTP diberi kesempatan juga untuk memilih sesuai dengan lokasi.
“Setiap kampung berbeda jumlah DPT-nya tergantung kampungnya mereka, seperti misalnya di Kampung Enggros, ada 2 TPS disitu, Koya Koso ada 4 TPS. Itu 3.042 jumlah DPT tapi yang dicetak hanya 3.161. Kemudian di Koya Tengah ada 809 ada 2 TPS. Kalau di Skouw Yambe 2 TPS juga 459 DPT. Kalau di Skouw sae 426 DPT. Ini datanya saya belum rekap tapi jelasnya yang ada di saya yang pemilihan hari ini (Jumat),” jelasnya.
Ditambahkan,Rustan bahwa setelah perhitungan suara, kemudian penetapan hasil perhitungan suara, siapa yang ditetapkan sebagai KPK. Kalau tidak ada sanggahan akan diproses selanjutnya untuk tahapan pengusulan SK KPK dan pelantikan diperkirakan 20 April mendatang jika tidak ada halangan. (Rhy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *