Ada Aksi Demo, Jalan Sentani-Abe Sepi

Suasana Demo yang mana masa diarahkan berkumpul di Polsek Abepura, sembari berdiskusi dan saling mendengarkan pendapat, Jumat (1/4) kemarin. (Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Aksi demo yang dilakukan para demonstran dari berbagai kalangan mahasiswa di Kota Jayapura, nampak memberi nuansa yang berbeda, berdasarkan pemantauan Cenderawasih Pos. Jika setiap harinya jalanan seputaran Abe-Sentani, dibanjiri berbagai kendaraan yang melintasi dua kabupaten dan kota itu, kali ini cukup sepi.
Tidak hanya itu, beberapa titik lokasi yang dinilai rawan, nampak terlihat truk TNI/Polri yang siap siaga untuk mengawal demo agar tidak terjadi keributan yang tidak diinginkan.
Penjagaan dimulai sejak pagi, titik-titik kumpul masa yang biasanya terlihat mulai dari Jln. Pos 7 Sentani, dilanjutkan di Pertigaan Lampu Merah Bandara Sentani, masuk Batas Kota Jayapura dan Kab. Jayapura, Jln. Masuk Buper Waena, dilanjutkan hingga depan Polsek Abepura.
Suasana jalan cukup sepi, meski masih ada bebetapa kendaraan yang mondar, mandir, sebagian toko-toko di seputaran jalan ditutup total, ada juga yang masih membuka tokonya meski sambil berjaga-jaga.
Kondisi belum normal sampai pukul 13. 00 WIT. Bahkan masih dilihat pengawalan ketat khususnya di area Jln. Buper Waena, bukan hanya Polisi, Brimob bahkan TNI juga turut mengambil bagian dalam pengamanan.
Uniknya, meski masih dalam suasana tegang para penjual pinang di seputaran Ekspo Waena, penjual sayur, ikan yang berada di seputaran Ekspo masih tetap berjualan. Seakan memiliki insting yang sangat kuat, bahwa posisi mereka tidak akan diusik oleh luapan emosi para pendemo yang jumlahnya ratusan orang, yang hendak menyampikan aspirasinya.
Meski sempat dikhawatirkan berpotensi terjadi kerusuhan seperti dua tahun lalu, namun ternyata demo berjalan aman berkat kesigapan aparat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *