Jelang Puasa Pasar Hamadi Masih Sepi

Hasriani salah satu penjual Bumbu Dapur di Pasar Hamadi, Rabu (30/3). (Karel/ Cepos)

Harga Cabai Turun

JAYAPURA-Harga bumbu dapur di Pasar Hamadi alami penurunan, diantaranya seperti cabai rawit dari harga Rp 120 ribu/kg turun jadi Rp 100 ribu/kg,  cabe kriting merah  turun menjadi Rp  70 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp 90 ribu/kg.

Penjual bumbu dapur di Pasar Hamadi, Hasriani mengau walaupun barang-barang turun pembeli menjelang puasa masih sepi.

“Padahal biasanya menjelang hari Ramadan seperti ini kondisi pasar full bahkan bisa dibilang lautan manusia tapi jelang puasa kali ini sangat sepi pembeli,”Ungkapnya.

Ia mengaku omzet penghasilanya menjelang  puasa tahun ini tidak pernah stabil bahkan pernah tidak ada pembeli sama sekali.

“Sepi sekali dari pagi hingga sore pembeli bisa dihitung yang datang, sebelum Covid bahkan tahun yang masih gencarnya Covid kami masih bisa bisa jualan sampai Rp 3 juta perharinya. Tapi tahun ini malah kebalik mau dapat Rp 1 juta saja tersara berat sekali. Padahal aktifitas masyarakat juga sudah ada kelonggaran,”Tuturnya.

Ia mengaku ada beberapa bumbu dapur yang harganya masih terbilang mahal seperti bawang putih masih Rp 45 ribu/kg, sayuran kaja panjang dari harga Rp 7 ribu/ikat naik jadi 10 ribu/ikat. Tapi menurutnya harga seperti ini masih terbilang normal di bandingkan tahun lalu.

“Saya sampai ngantuk parah jaga jualan gara-gara sepih. Bukan cuma kami  penjual sayur dan bumbu dapur pedagang-pedagang di depan juga mereka mengeluh sepinya pembeli menjelang puasa ini,”tuturnya.

Senada juga di sampaikan oleh Aris pedagang ayam lokal dan ayam beku. Iamengaku saat ini harga ayam beku memang ada kenaikan dari Rp 36 ribu/kg menjadi Rp 37 ribu/ kg. Namun kenaikan harga ayam ini menurutnya tidak mempengaruhi daya minat masyarakat.

Ia mengaku menejelang puasa tahun lalu bisa jual ayam 50-100 ekor/ harinya, tapi menjelang puasa kali ini hanya bisa jual 40 ekor/hari. (CR-267/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *