Jaga Ketersediaan Air Tanah  Dengan Tanam Pohon

Kepala Balai Wilayah Sungai Papua, Nimrot Rumaropen saat menanam pohon di Nendali dalam kegiatan peringatan hari air sedunia ke-30, Rabu (30/3). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Memperingati hari air sedunia ke-30 tahun 2022, Balai Wilayah Sungai (BWS)Jayapura melakukan kegiatan penanaman pohon penghijauan di Kawasan Pantai Yowe, Sentani, Rabu (29/3).

Kepala BWS Jayapura, Nimrot Rumaropen mengatakan, tema besar hari air sedunia tahun ini, melestarikan air tanah agar berkesinambungan. “Kita fokus kepada menjaga sumber-sumber air, khususnya air tanah,”ujarnya.

Diungkapkan, seperti yang diketahui banyak masyarakat  menggunakan air tanah atau sumur dangkal dan sumur dalam. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkannya adalah melakukan penanaman pohon supaya air tanah jangan sampai habis.

“Selain penanaman pohon,  kami juga banyak melakukan kegiatan yang sifatnya fisik. Misalnya bagaimana menjaga kawasan danau dengan melakukan kegiatan pemeliharaan danau setiap tahun,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sentani, di Wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura, agar tetap menjaga lingkungan khususnya pohon-pohon yang ada di sekitar danau jangan ditebang.

“Juga menjaga kebersihan lingkungan, terutama tidak membuang sampah ke sungai karena  pengalaman tahun 2019 , banyak sampah ditemukan di dalam sungai,”tandasnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *