MRP Siap Reses ke Lima Wilayah Adat

Rapat pleno dalam rangka penutupan Masa Sidang 1 Tahun  2022 Majelis Rakyat Papua (MRP)  di Gedung MRP, Selasa (29/3). (Noel/Cepos)

JAYAPURA-Usai mengglar  rapat pleno dalam rangka penutupan Masa Sidang 1 Tahun 2022, Majelis Rakyat Papua (MRP) baik pimpinan dan anggota akan melakukan reses ke-5 wilayah adat.

  Ketua MRP Thimotius Murib mengatakan rapat pleno ini menindaklanjuti dari program kegiatan yang telah direncanakan oleh kelompok kerja untuk blog WordPress di lima wilayah adat dari Provinsi Papua.

  “Melalui kelompok kerja adat, agama dan adat telah melakukan program kegiatan kerja dan kami gelar pleno hari ini,” ujarnya di Kantor MRP, Kotaraja, Selasa  (29/3).

   Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan akses dengan turun di wilayah adat untuk melihat aspirasi masyarakat, terkait manfaat dan realisasi Otsus di masing-masing 29 kabupaten  dan satu kota.

  “Kami akan turun ke daerah dalam rangka mendengar aspirasi masyarakat langsung di daerah selama 7 hari, balik pada tangal 5 – 6 April,” katanya.

  Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa sebelumnya pihaknya juga telah melakukan pleno dan menetapkan beberapa agenda,  salah satunya adalah melakukan gugatan undang-undang otonomi khusus tahun 2001 amandemen kedua tahun 2021 di Mahkamah Konstitusi. Saat ini, tengah menunggu tahapan tanggapan dari saksi ahli pemerintah pusat.

  “Kegiatan triwulan pertama kami lakukan advokasi perubahan UU Otsus Tahun 2001,  UU Otsus kedua nomor 2 tahun 2021. MRP melakukan yudisial review, hakim sedang mendatangkan saksi ahli dari Mendagri RI dan 10 April  nanti hakim juga akan mendengar saksi Ahli dari DPR RI dan Majelis Rakyat Papua,” katanya.

  Untuk itu, dirinya berharap kepada seluruh masyarakat Papua untuk tetap mendukung kerja kerja MRP dalam membicarakan hak-hak masyarakat Papua, secara khusus otonomi khusus dan juga pemekaran yang secara tegas ditolak oleh Majelis Rakyat Papua bersama masyarakat Papua. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *