Polisi Harus Paham Protap Penggunaan Senpi

Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Supraptono ketika mengecek  kondisi senjata api di Polsek Abepura yang diterima Wakapolsek Abepura, AKP Harjaka, Senin (28/3). (Humas Polresta for Cepos)

JAYAPURA-Untuk memastikan anggotanya yang tersebar di Polsek-polsek tertib dan disiplin dalam penggunaan senjata api, Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Supraptono memimpin tim untuk mengecek langsung ke polsek – polsek.

  Ia ingin memastikan bahwa seluruh anggotanya paham kapan senpi harus digunakan dan bagaimana perawatannya termasuk seperti apa tanggungjawab dan konsekuensi yang melekat bagi pemegang senpi tersebut.

  Dari sidak atau pengecekan ini, Suparaptono minta didampingi Kasi Propam Polresta Jayapura Kota Ipda Arman, S.H bersama personel Sie propam agar bila ada temuan pelanggaran, maka saat itu juga bisa dilakukan pendataan dan penindakan.

   Saat menyambangi Polsek Abepura, Wakapolresta diterima oleh Wakapolsek Abepura AKP Harjaka dan dalam kesempatan itu, Wakapolresta menegasakan kepada personel untuk rutin dalam memelihara dan merawat senjata api yang merupakan inventaris. Ia menegaskan  bahwa senpi harus dijaga sebaik mungkin.

“Personel harus tahu penggunaan atau protap menggunakan senjata api, begitupun susunan amunisi di dalam magasen senjata harus sesuai prosedur juga. Jangan justru tidak tahu kapan digunakan dan bagaimana cara merawatnya,” tegasnya.

   Lanjut Supraptono kebersihan senjata juga perlu diperhatikan dan patut menjadi menjadi atensi setiap personel  baik untuk inventaris kantor maupun inventaris pribadi yang dipinjam pakaikan oleh kedinasan. Ia memberi sebuah filosofi bahwa apabila senjata api jarang digunakan berarti kinerja kita dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat atau menjaga kamtibmas dikategorikan berhasil.

   Karenanya dalam pelaksanaan tugas di lapangan Polisi juga harus mengerti langkah-langkah yang diambil sesuai prosedur pelaksanaan tugas kepolisian maupun dalam hal penggunaan senjata api.  Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan senjata api inventaris kantor maupun inventaris pribadi oleh Sie propam Polresta Jayapura Kota dan dilanjutkan ke Polsek Heram.

   Ipda Arman, S.H selaku Kasie Propam menyampaikan untuk pemeliharaan dan perawatan senjata serta penggunaannya sejauh ini masih sesuai SOP yang ada dan selama pelaksanaan giat situasi berjalan lancar dan belum ditemukan adanya pelanggaran penggunaan atau kepemilikan senjata api. “Semua masih tertib,” singkatnya. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *