Pembuatan Tanaman Hidroponik PMM Kelompok 6 Universitas Muhammadiyah Malang

 

 

Kegiatan PMM Kelompok 6 Gelombang 15 adalah membuat tanaman hidroponik yang memanfaatkan botol bekas. Mengapa menggunakan botol bekas? karena botol bekas ini salah satu limbah plastik rumah tangga yang masih dapat di manfaatkan untuk membuat suatu karya yaitu untuk tanaman hidroponik. Disini kami juga menggunakan pompa air yang menghubungkan ke botol-botol yang berisi tanaman tersebut sehingga tidak perlu lagi menyiram secara manual. Adapun tanaman yang kami tanam adalah seperti cabai, kangkung, sawi, dll.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu proker dari PKK desa Ngadireso, kec. Poncokusumo, Kab. Malang. Kami memilih kegiatan ini karena biaya yang dibutuhkan itu murah dan dapat di cari dengan mudah. Alat bahan yang dibutuhkan adalah seperti : botol bekas minyak 1 liter, gelas plastik minuman yang kecil, media tanam dapat menggunakan tanah sedikit ataupun floral foam, gunting atau cutter untuk melubangi botol minyak, serta selang dan pompa air untuk menghubungkan ke tiap-tiap botol bekas yang berisi sayuran.

Kelebihan untuk budidaya hidroponik ini adalah warga sewaktu-waktu bisa memaneh dari hasil ini sehingga mengurangi atau menghemat biaya untuk beli ke pasar. Kemudian tidak memerlukan banyak air karna hal ini menggunakan pompa air jadi akan disirkulasi edaran airnya. Serta kandungan gizinya lebih tinggi karena tidak menggunakan pestisida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *