Sejumlah Tokoh Adat Biak Sampaikan Aspirasi Papua Utara

Tokoh Adat Yosef Korwa, SH saat menyerahkan aspirasi pemekaran Provinsi Papua Utara kepada anggota Komisi II DPR RI, Kamarudin Watubun, SH, MH, di Paray, Sabtu (12/3). FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS

BIAK-Aspirasi usulan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) kembali disampaikan di Biak. Sejumlah tokoh yang ada di Kabupaten Biak Numfor menyerahkan aspirasi usulan pemekaran provinsi wilayah Saereri atau Provinsi Papua Utara.
Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Tokoh Adat, Yosef Korwa, SH kepada salah satu anggota Komisi II DPR RI yang juga adalah anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Kamarudin Watubun, SH,MH, di Paray, Sabtu (12/3).
Yosep Korwa yang didampingi Ketua KNPI Kabupaten Biak Numfor, Jimmy Krobo, S.Sos mengatakan, aspirasi pemekaran atau pembentukan DOB sudah disampaikan secara tertulis ke sejumlah pihak terkait, termasuk dilakukan secara langsung ke DPR RI oleh tokoh-tokoh dari kabupaten yang ada di wilayah Saereri.
“Apirasi ini kami sampaikan bersama dengan teman-teman dari berbagai organisasi, mulai dari adat, pemuda, gereja dan lainnya. Kami sudah memberikan aspirasi ke sejumlah pihak terkait dan harapan kami, Papua Utara juga jadi satu provinsi, supaya kami juga urus wilayah kami sendiri,” ujar Yosep Korwa didampingi Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Biak, David Rumansara sambil menyerahkan poin-poin aspirasi ke Komarudin Watubun.
“Kami serahkan ke Pak Komarudin aspirasi ini, karena kami tahu Bapak Komarudin tahu benar pesoalan di Papua, bapak adalah salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan yang pasti memiliki pengaruh,” lanjut Yosep Korwa.
Sementara itu, Komarudin mengatakan, akan membawa aspirasi tersebut dan berupaya mendorongnya. Ia menilai bahwa aspirasi adalah sesuatu hal yang wajar disampaikan, pihaknya dalam hal ini akan menampung dan membawanya ke DPR RI, termasuk ke partai politik untuk dibahas.
“Saya kira teman-teman dari 4 kabupaten yang ada di wilayah Saereri sudah pernah juga menyerahkan aspirasi pembentukan provinsi di wilayah Saereri, tinggal bagaimana ini saya sampaikan kembali, saya akan berupaya komunikasikan,” tandasnya menjawab permintaan Yosep Korwa dan kawan-kawan.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *