Mubes Kosgoro Jadi Inspirasi dan Bangkitkan Optimisme

Sekda Papua Dr.Ridwan Rumasukun, SE.,MM, (tengah) bersama Plt. Sekretaris Kemenpora Dr. Jonni Mardizal, MM dan Ketua Umum PP Kolektif Kosgoro Hayono Isman (batik merah)  serta Ketum PP GM Kosgoro Baroto Aryo Isman, Ketum DPD GM Kosgoro Papua Mohammad Fajry Noch saat membuka Mubes Ke-VI Kosgoro di Papua  dengan menabuh tifa di Suni Hotel & Convention Abepura, Selasa (8/3) kemarin. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA– Generasi Muda (GM) Kosgoro mempunyai andil penting dalam pembangunan, peningkatan kesejahteraan ekonomi, SDM serta mempersatukan anak bangsa dalam bingkai NKRI. Hal ini dikatakan  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dalam sambutannya yang dibacakan Plt. Sekretaris Kemenpora Dr. Jonni Mardizal, MM., saat pembukaan  Musyawarah Besar (Mubes) ke-VI Generasi Muda (GM) Kosgoro tahun 2022 sebagai tuan rumah DPD GM Kosgoro Papua   di Suni Hotel &Convention Abepura, Selasa (8/3) kemarin.

  Menpora memberikan apresiasi dan berharap Musyawarah Besar (Mubes) ke-VI Generasi Muda (GM) Kosgoro tahun 2022 mampu menjadi inspirasi pembinaan para generasi muda Indonesia dan rasa optimis di tengah masyarakat.

  “Kegiatan Musyawarah Besar, Musyawarah Nasional, Muktamar atau penyebutan lain dari suatu organisasi merupakan hal yang harus dilaksanakan sebagaimana diamanatkan oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dari organisasi tersebut, demikian juga halnya Generasi Muda Kosgoro yang menyelenggarakan Musyawarah Besar,”ujarnya.

   Melalui Mubes ini diharapkan akan dapat dihasilkan kesepakatan dan melahirkan pemikiran-pemikiran yang baik dalam berbagai bidang kehidupan yang akan membawa Generasi Muda Kosgoro akan lebih maju untuk masa yang akan datang. Disamping itu juga diharapkan Mubes Kosgoro akan menjadi inspirasi dan sekaligus membangkitkan rasa optimisme di tengah tengah masyarakat, dimana kita sedang menghadapi pandemi Covid-19.

  “Semoga dengan semangat kebersamaan, pandemi segera berakhir sebagaimana diketahui bahwa Indonesia akan mendapat bonus demografi yang akan dihadapi ini,  Generasi Muda Kosgoro harus punya keterampilan, kreatif, inovatif. Pemuda Indonesia harus bisa mandiri dan punya daya saing,”imbuhnya.

   Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan kepemudaan sebagaimana termaktub dalam pasal 3 Undang-undang nomor 40 tahun 2009, yakni intinya adalah ingin menjadikan pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

  “Harapan lain kepada Generasi Muda Kosgoro agar dapat memainkan perannya sebagai pemuda, sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 16 Undang-undang nomor 40 tahun 2009, yakni pemuda berperan sebagai kekuatan moral, control sosial dan agen perubahan,”ucapnya.

   Menurutnya, Pemilihan Papua sebagai tempat penyelenggaraan Musyawarah Besar ini tentu punya pertimbangan sendiri, sebagaimana kita ketahui bahwa Papua telah sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional dan Peparnas, semoga semangat keberhasilan tersebut juga menular pada penyelenggaraan Musyawarah Besar Generasi Muda Kosgoro ini.    

  Sementara Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Sekda Papua Dr.Ridwan Rumasukun, SE.,MM, mengatakan, Kosgoro dilahirkan 10 November 1957 sebagai sebuah koperasi yakni Koperasi simpan pinjam gotong royong yang merupakan kelanjutan usaha kolektif para pemuda pejuang di dalam perang merebut kemerdekaan RI.

   Untuk itu, Mubes Ke-VI GM Kosgoro mempunyai nilai tinggi dalam pengembangan budaya nasional termasuk di dalamnya masyarakat papua, pemerintah daerah dan nasional, lembaga swadaya masyarakat, akademisi dan sebagainya.

   Hal ini disebabkan oleh terjadinya degradasi kualitas ragam hayati kerusakan lingkungan seperti banjir tanah longsor punahnya flora dan fauna yang dilindungi,  rusaknya terumbu karang dan sebagainya dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia dan alam.

   Oleh karena itu, kehadiran generasi muda dalam masyarakat mengandung nilai-nilai ekonomi Papua sebagai pilar ekonomi dalam memberikan semangat perjuangan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi Papua dan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang semakin baik.

   Gubernur Provinsi Papua dan sebagai kepala pemerintahan Provinsi Papua  menyambut baik dan menghargai serta mengucapkan selamat atas terlaksananya Mubes  ini. Diharapkan GM Kosgoro khususnya Papua dapat turut berperan membantu pemerintah Provinsi Papua dalam mempercepat pembangunan kesejahteraan Papua.

   Selaku Ketua Umum PP Kolektif Kosgoro Haryono Isman mengaku, dalam Mubes ini yang dilihat sangat menonjol komitmen kebangsaan bahwa NKRI bukan hanya milik orang Jawa tapi juga milik orang Papua. Hal ini terlihat sekali bagaimana Papua bangkit dan semua bangga dengan penyelenggaraan PON XX Papua yang begitu luar biasa, sehingga Generasi Muda Kosgoro dan melalui Mubes bisa melanjutkan apa yang menjadi program Gubernur Papua Lukas Enembe.

  “Harapan kami tentunya pada pemilihan Gubernur dengan terpilih gubernur yang bisa melanjutkan apa yang telah beliau Rintis selama 10 tahun terakhir,”katanya.

   Diakui, untuk eksistensi GM Kosgoro tetap mengacu pada pedoman perjuangan Kosgoro melalui Tri Dharma Kosgoro yaitu Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas jadi Kosgoro tidak berpolitik praktis. Diharapkan Kosgoro juga memperhatikan kegiatan penguatan SDM, sehingga dapat berkiprah untuk meningkatkan SDM Papua.

  Ketua Umum DPP GM Kosgoro Baroto Aryo Isman juga memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur Provinsi Papua atas dukungan penyelenggaraan Mubes Ke-VI ini juga sesuatu kebanggaan atas lahirnya kader-kader GM Kosgoro dari Timur Indonesia yang mampu menjalankan event sebesar ini dan diharapkan gaungnnya ini terus menggema di seluruh Indonesia bahwa GM kosgoro Papua ikut membangkitkan semangat kebangkitan nasional.

   “Kami menginginkan kita semua untuk angkat senjata bukan untuk bertempur dengan sesama anak bangsa, ini bukan bertempur untuk menghancurkan satu sama lain, tetapi kita harus bersaing dan mampu bersanding dengan pemuda-pemuda dari luar negeri Amerika, Korea Selatan, Jepang Australia, itu yang harus kita persiapkan sama-sama dalam GM Kosgoro, bahwa kita adalah satu bangsa, satu negara tidak ada perbedaan di antara kita.”ujarnya.

   Ia yakin di Papua banyak yang mampu yaitu sebagai ilmuwan pengusaha dan lain-lain jadi harus bisa bersanding dengan saudara lain di seluruh Indonesia dan pihaknya  siap mewadahi.

   Ketua DPD GM Kosgoro Papua Mohammad Fajry Noch mengaku, pembukaan pelaksanaan mubes sesuai dengan target yang diharapkan, karena event nasional ini dibuat yang keempat setelah kongres KNPI, penyelenggaraan PON, Peparnas selanjutnya Mubes Ke-VI GM Kosgoro.

   “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang diberikan Gubernur Papua Sekda Papua, kegiatan positif kegiatan kenegaraan, kegiatan kebangsaan yang bertujuan generasi muda Papua mampu melihat potensi-potensi yang ada untuk ke depan bisa dikembangkan. Kami juga mengucapkan terima kasih penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketum DPP GM Kosgoro dan Ketum PP Kolektif Kosgoro serta 26 Ketum DPD provinsi yang hadir serta rekan wartawan untuk mengabarkan kabar baik ini di seluruh Nusantara bahwa DPD GM Kosgoro Papua masih hidup dan siap terbang ke angkasa dengan prestasi yang terbaik.”bebernya. (dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *