Di Boven Digoel, 70  Pelanggar Ditegur, di Wamena 27 Kendaraan Diamankan

Satuan Lalu Lintas  Polres Boven Digoel saat menggelar operasi Keselamatan Cartenz 2022, Selasa, (8/3). Puluhan pelanggar diberi teguran lisan.      (Humas Polres Boven Digoel for Cepos)

Anggota Polres Jayawijaya saat melakukan Opersi Cartenz  dalam bentuk razia kendaraan roda dua, Sajam, dan Miras  di pertigaan Jam Kota, Jalan Hom -hom Wamena, Selasa, (8/3).

*Dalam Operasi Cartenz yang Digelar Kemarin*

BOVEN DIGOEL– Puluhan atau sekitar 70 pengendara di Kabupaten Boven Digoel diberikan teguran secara lisan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Boven Digoel karena melakukan pelanggaran secara kasat mata dalam operasi keselamatan Cartenz 2022, Selasa, (8/3).

Operasi keselamatan Cartenz ini dipimpin langsung Kasat Lantas AKP Hariyanto, S.Sos dengan melibatkan 20 personel. Operasi  berlangsung di 2 titik yakni di  jalan Trans Papua Titik Nol Tanah Merah, dan di Jalan Trans Papua arah Mindiptana tepatnya di simpang tiga depan toko New Harapan, Tanah Merah.

Kasat Lantas didampingi  Kasubbag Dalops, Iptu  Ino Sain dan Ps. Kasie Propam Aiptu Maluk E. Matrutty, SH melakukan  pemeriksaan dan imbauan serta edukasi tentang pelanggaran yang dilihat secara kasat mata, diantaranya tanpa nomor kendaraan, kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, lampu sein, lampu utama dan lainnya,   pemakaian helm SNI bagi pengemudi dan yang dibonceng, surat-surat kendaraan serta SIM sesuai peruntukannya.

Kemudian larangan bagi pengemudi di bawah umur, pengemudi kendaraan yang terpengaruh Miras serta edukasi protokol Kesehatan terkait Covid – 19. Menurutnya, sekitar 70  pelanggar diberikan teguran secara lisan yang secara kasat mata tidak memakai helm SNI, pengemudi di bawah umur atau anak sekolah dan kendaraan yang tidak dilengkapi kelengkapan kendaraan berupa nomor polisi atau TNKB.

Operasi ini juga kata dia juga menyikapi  perkembangan maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi akhir – akhir ini.

Operasi yang sama juga dilakukan oleh Polres Jayawijaya di Pertigaan Jam Kota Hom -hom Wamena, Selasa (8/3) kemarin yang dipimpin Kabag Ops Polres Jayawijaya, AKP. FD Tamaila.

Kapolres jayawijaya AKBP. Muh Safei. AB, SE menyatakan, dalam razia tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 27 kendaraan roda dua yang tidak memiliki kelengkapan dokumen atau surat -surat kepemilikan dan langsung diamankan di Polres Jayawijaya.

“ Selain 27 kendaraan roda dua yang kita amankan karena tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat -suratnya , kita juga mengamankan 5 senjata tajam yang dibawa oleh masyarakat dan dua buah tas noken bermotif Bintang Kejora,”ungkapnya.

Dalam Operasi Cartenz ini, Kata Kapolres, pihaknya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara dan juga harus memenuhi protokol kesehatan, sebab pandemi Covid -19 ini belum berakhir.

Ia juga menjelaskan, pelaksanaan operasi Cartenz 2022 ini dilakukan guna menindaklanjuti maraknya pencurian kendaraan di  Wamena dan sekitarnya.

(ulo/jo/tho)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *