Delapan Jenazah Diterbangkan ke Kampung Halaman

Jenazah Bebi Tabuni salah satu korban pembantaian KKB saat dimakamkan secara adat di Jalan Moko, Kampung Ilambet, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Selasa (8/3). (Kodam XVII/Cenderawasih)

Bebi Tabuni Dimakamkan di Ilaga

JAYAPURA-Isak tangis warga di Ilaga, Kabupaten Puncak menyambut kedatangan jenazah Bebi Tabuni di Bandara Aminggaru Ilaga, Kampung Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Selasa (8/3).

Bebi Tabuni merupakan karyawan Palapa Timur Telematika (PTT) yang tewas bersama 7 karyawan lainnya akibat dibantai KKB di Kampung Jenggereng, Distrik Beoga Barat, Kabupaten Puncak saat sedang melaksanakan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel, Rabu (2/3) lalu.

Bebi Tabuni dimakamkan di Jalan Moko, Kampung Ilambet, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak. Jenazah dimakamkan secara adat dengan pengawalan ketat dari aparat TNI-Polri yang ada di Ilaga.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga menyampaikan, setiba di Bandara Aminggaru Ilaga, jenazah Bebi Tabuni dibawa menuju Mapolres Puncak untuk melakukan beberapa prosesi.

“Setelah dari Polres Puncak, jenazah dibawa pihak keluarga dengan berjalan kaki menuju tempat pemakaman di Jalan Moko, Kampung Ilambet, Distrik Ilaga yang didampingi oleh aparat keamanan TNI-Polri setempat,” kata Kapendam.

Dikatakan Kapendam, proses pemakaman jenazah Bebi Tabuni berlangsung dalam keadaan aman dan lancar. “Pihak keluarga menerima dengan ikhlas bahwa yang melakukan penyerangan  merupakan KSTP,” ucap Kapendam.

Sebelumnya pada Senin (7/3), 8 jenazah korban pembantaian KKB dievakuasi dari Bandara Beoga ke Mimika. Setibanya di Mimika, jenazah langsung dibawa ke RSUD Mimika untuk dilakukan autopsi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyampaikan, delapan jenazah telah diterbangkan ke kampung mereka masing-masing pada Selasa (8/3).

“Setelah seluruh jenazah berhasil diidentifikasi oleh pihak RSUD Mimika, selanjutnya delapan jenazah yang sudah dimasukkan ke dalam peti mati itu dibawa ke Mapolres Mimika untuk disemayamkan,” kata Kombes Kamal.

Selain itu lanjut Kamal, telah dilakukan prosesi penghormatan kepada delapan jenazah karyawan PTT sebagai bentuk penghargaan tanda jasa kepada para pahlawan pembangunan di tanah Papua.

Adapun jenazah almarhum Renal Tentua Tagasye akan diberangkatkan ke Ambon Maluku, sementara jenazah almarhum Billy Galdi Balion akan diberangkatkan menuju Bandung, jenazah almarhum Ibo diberangkatkan ke Subang, jenazah almarhum Jamaluddin diberangkatkan ke Rangkas Bitung, dan jenazah almarhum Sharil Nurdiansyah serta almarhum Eko Septiansyah akan diberangkatkan ke Jakarta Pusat.

Kemudian jenazah almarhum Bona Simanulang akan diberangkatkan menuju Palu, Sulawesi Tengah, dan jenazah almarhum Bebei Tabuni diberangkatkan menuju Ilaga, Kabupaten Puncak.

Sebelumnya, Karyawan Palapa Ring Timur Telematika (PTT) diserang KKB saat sedang melaksanakan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel di Disteim Beoga, Rabu (2/3) sekira pukul 13:00 WIT. Dalam penyerangan tersebut, 8 orang tewas dan 1 orang selamat.(fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *