Pelayanan PDAM Jayapura di Tiga Distrik Kembali Normal

Petugas PDAM Jayapura saat memperbaiki jaringan pipa transmisi Kojabu yang patah di jalur alternative menuju Perumnas III,  Sabtu (5/3). (Humas PDAM For Cepos)

JAYAPURA– Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura,  Dr.H.Entis Sutisna SE.MM, mengakui, pada hari Senin (7/3) pelayanan air minum pelanggan PDAM Jayapura khususnya di wilayah Distrik Jayapura Utara, Distrik Jayapura Selatan dan Distrik Abepura sudah kembali normal.

Dimana selama 4 hari semenjak hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 transmisi pipa Kojabu yang berada di jalan alternatif Perumnas III mengalami patah lagi akibat longsor.

Sehingga dalam melalukan pekerjaan perbaikan sangat berat karena PDAM Jayapura menurunkan 60 petugas di lapangan mulai dari UPP Jayapura Utara, UPP Jayapura Selatan dan UPP Abepura dalam melakukan mobilitas pengangkutan mesin genset, pipa ukuran 450 MM dan bahan material lainnya yang harus diangkat.

Entis menjelaskan, selama 2 bulan PDAM Jayapura telah mengalami kerusakan tiga kali ini semua adalah transmisi pipa intake Kojabu akibat faktor alam dan masyarakat yang sengaja membabat hutan untuk perladangan membuat jalur pipa terkena imbasnya.

Hal ini menyebabkan kondisi struktur tanah menjadi tidak stabil. Sehingga solusi kedepannya yang dilakukan PDAM Jayapura adalah melakukan perpindahan jalur pipa Kojabu supaya tidak terjadi gangguan lagi.

Diakui, adanya gangguan jaringan pipa patah biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit ada yang sampai Rp 500 juta dan dampak los pemasukan juga banyak karena 30 persen dati jumlah total pelan PDAM Jayapura.

Entis meminta maaf atas ketidaknyaman ini karena ini juga faktor alam maupun adanya oknum masyarakat yang masih merambah hutan hal ini juga mempengaruhi jalur pipa air karena bisa patah akibat kerusakan alam tidak ada perlindungan dari hutan.(dil/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *