Keluar Penjara, Angelina Sondakh Putusan Tak Kembali ke Dunia Politik

Angelina Sondakh saat berziarah ke makam suaminya, Adjie Massaid di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (3/3/2022). Mantan anggota DPR RI Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau Angelina Sondakh berziarah ke makam mendiang suaminya Adjie Massaid bersama putranya, Keanu Jabaar Massaid. Diketahui Angelina Sondakh menjalani pidana penjara sejak 27 April 2012 lantaran terbukti bersalah turut serta melakukan tindak pidana korupsi terkait pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet di Palembang. Angelina divonis hukuman pidana selama 10 tahun penjara berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor 107PK/Pid.Sus/2015. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

JawaPos.com – Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau yang akrab disapa Angelina Sondakh telah resmi menghirup udara bebas setelah 10 tahun lamanya mendekam di balik jeruji besi.

Mantan politikus Partai Demokrat, Angelina Sondakh buka suara apakah akan kembali terjun ke dunia politik setelah bebas dari penjara. Kata dia, untuk saat ini, dirinya memutuskan untuk tidak terlibat dalam politik praktis. “Untuk saat ini saya tidak akan ikut berpolitik praktis lagi,” ujar Angelina Sondakh lewat akun Twitter miliknya @AngelinaSondakh, Senin (7/3).

Angelina mengungkapkan, saat ini dirinya lebih fokus mengurusi keluarganya ketimbang kembali terjun ke perpolitikan di Indonesia. Dia pun mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari banyak pihak. “Keluarga yang menjadi fokus utama. Terima kasih untuk doa dan dukungan teman-teman,” katanya.

Diketahui, Angelina Sondakh alias Angie telah resmi menghirup udara bebas pada Kamis 3 Maret 2022, setelah 10 tahun lamanya mendekam di balik jeruji besi Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Angeline Sondakh harus mendekam di dinginnya jeruju besi karena untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya terkait kasus korupsi Wisma Atlet SEA Games 2011 di Palembang.

Selama menjalani pidana Angelina Sondakh mendapatkan remisi Dasawarsa sebanayak 3 bulan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor W.10-2598.PK.01.01.02 tahun 2015 Tanggal 14 Agustus 2015 tentang Pemberian Remisi Dasawarsa Tahun 2015, remisi dasawarsa diberikan kepada seluruh narapidana.

Angelina Sondakh dinilai telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program Cuti Menjelang Bebas (CMB) sebesar remisi terakhir paling lama 3 (tiga) bulan yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2021. Namun, karena yang bersangkutan tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp 4.538.027.278, subsidair 4 bulan 5 hari penjara, maka tanggal menjalani CMB Angelina Sondakh menjadi 3 Maret 2022. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *