Program Beasiswa Bagi Putra-Putri Papua Sudah Dilakukan Sejak Beberapa Tahun Lalu

Aryoko AF Rumaropen SP. M.Eng. (Yohana/Cepos)

Semua Anak Papua Memiki Kesempatan yang Sama

-Beasiswa Pemprov Papua Tetap Ada

JAYAPURA –  Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) akui program beasiswa yang disediakan Provinsi Papua sudah dilakukan sejak Tahun 2009 lalu.

Kepada BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP,M.Eng mengatakan Pemerintah Provinsi Papua melalui kebijakan khusus yang diatur dengan regulasi khusus,  sesuai dengan amanat undang-undang Otonomi Khusus sejak tahun 2009 sampai dengan hari ini Pemerintah provinsi Papua menyelenggarakan Beasiswa bagi putra-putri Papua.

Lanjutnya, dimana program tersebut untuk putra-putri Papua, bisa menempuh pendidikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Dengan kesempatan undang-undang Otsus yang memberi ruang kepada seluruh masyarakat Papua, Pemerintah Papua untuk menyelenggarakan pendidikan dan pembiayaannya  untuk anak-anak kita maka kesempatan itu digunakan seluas-luasnya untuk program yang dimulai sejak tahun 2009,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (2/3) lalu.

Diakuinya,  pada Tahun 2009, program tersebut dinamakan Program 1.000 Doktor, meski mungkin yang tercapai bukan 1.000 doktor, tetapi  makna kiasan tersebut itu bahwa orang Papua harus sekolah setinggi-tingginya.

“Sampai dengan kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enwmbe dan Alm. Wakil Gub. Klemen Tinal, program ini sudah  tidak hanya mencakup sekolah unggulan yang ada di kota-kota besar saja tetapi sudah lebih merata ke semua kab/kota di Provinsi Papua,   ini sudah melihat aksesibilitas pendidikan kepada seluruh anak-anak Papua yang mempunyai prestasi tetapi juga satu sisi bagaimana mengadvokasi anak-anak Papua untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” tambahnya.

Lanjutnya, Melalui Kementerian lembaga beasiswa itu ada syarat ada kewajiban ada hak yang harus dipenuhi, sehingga jika memenuhi syarat bisa mendapatkan beasiswa. Adapun syarat-syarat yang dimaksud salah satunya adalah syarat akademisi.

“Dalam program beasiswa ini semua anak Papua punya kesempatan yang sama dan bisa menikmati akses pendidikan ini luar negeri, melalui Gubernur dan Wakil Gub Papua,  terobosan ini bukan hanya untuk pendidikan jenjang akademik di perguruan tinggi, tetapi sudah menyebarkan dengan pendidikan misalnya untuk Perwira Polisi, Polisi Umum semuanya lewat beasiswa Otsus yang dapat kita biayai sesuai regulasi yang dipakai untuk mengelola beasiswa,” pungkasnya. (ana/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *