Bapenda Diminta Terus Gali Potensi Pajak dan Retribusi

Para juru parkir di depan SIP Jayapura saat mendapatkan arahan oleh Direktur CV. Alta Vista Michael Ayomi, baru-baru ini. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wakil Wali Kota Jayapura Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM. menjelaskan perekonomian di Kota Jayapura semenjak ada pandemi Covid-19 hingga Tahun 2022 saat ini tergolong masih bisa dikendalikan jika dibanding dengan daerah lain.

Hal ini dikarenakan, pemerintah masih bijak dalam mengambil keputusan khususnya untuk penanggulangan Covid-19 maupun aktivitas perekonomian masyarakat dan pelaku usaha.

“Seperti diketahui bahwa untuk perhotelan, pertokoan dan mall yang ada di Kota Jayapura masih tetap buka seperti biasa hingga saat ini. Dan tentu ini berkat dari kerjasama pelaku usaha maupun masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi,”ungkapnya.

Rustan Saru menjelaskan, Kota Jayapura sebagai ibu kota Provinsi Papua menjadi barometer tolak ukur pembangunan dan peningkatan ekonomi di Provinsi Papua banyak kabupaten kota di Provinsi Papua masih bergantung pada Kota Jayapura baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok bahan material dan lainnya.

Karena di Kota Jayapura Pendapatan Asli Daerahnya hanya mengandalkan di sektor perdagangan dan jasa karena tidak ada sumber daya alam yang dimiliki. Oleh karena itu, tugas Bappeda adalah mengoptimalkan pajak dan retribusi sebagai pendapatan murni asli daerah Kota Jayapura.

” Saya berharap walaupun di masa pandemi optimalisasi pajak dan retribusi daerah pusat harus dioptimalkan Bapenda Kota Jayapura, Bapenda Kota Jayapura harus bisa menggali lebih jauh pajak dan retribusi yang selama ini masih bisa dioptimalkan contohnya retribusi parkir yang masih sering terjadi kebocoran harus bisa di maksimalkan,”katanya.

Diakui, Badan Pendapatan Daerah  menjadi OPD ujung tombak Pemerintah Kota Jayapura dalam mencari dan mendulang pundi-pundi pendapatan daerah, untuk itulah Bapenda dalam hal ini sebagai leading sektor PAD Kota Jayapura harus bisa benar-benar bisa menggali semua sektor pendapatan asli daerah.

“Untuk dapat terus meningkatkan pendapatan asli daerah secara berkesinambungan tentunya harus mencari jenis-jenis baru retribusi yang bisa di jadikan sumber pendapatan baru atau bisa dengan menaikkan nilai retribusi yang sudah lama belum dinaikkan, sesuai data ada beberapa potensi yang juga perlu digarap kembali atau direfisi dari sisi aturan tentunya agar dapat menaikkan pendapatan asli daerah,”ujarnya.

Wawali juga mengapresiasi kinerja Bappenda Kota Jayapura yang telah menunjukkan performa yang baik dalam mengoptimalkan target penerimaan pajak Kota Jayapura yang bisa over target.(dil/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *