Cepos Peringati HUT dengan Aksi Kemanusiaan Donor Darah

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano meyaksikan seorang pendonor sedang diambil darahnya oleh petugas medis dalam kegaitan aksi donor darah yang dilakukan oleh Cenderawasih Pos di Gedung Graha Pena Papua, Sabut (26/2)

BTM : Pertahankan  Kualitas Wartawan Cenderawasih Pos

JAYAPURA – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyampaikan sebagai media cetak terbesar di Kota Jayapura, pihaknya meyakini kualitas wartawan Cenderawasih Pos dalam mengakomodir informasi dan pemberitaan kepada publik. “Saya yakin kualitas wartawan Cepos adalah yang terbaik. Untuk itu agar dipertahankan hal itu memasuki hari ulang tahun cepos kali ini,” ujarnya saat menghadiri Aksi Donor Darah dalam rangka HUT Cenderawasih Pos ke 29 di gedung graha pena Papua pada Sabtu (26/02).

Pihaknya juga berpesan agar Cenderawasih Pos menyajikan pemberitaan yang berimbang sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat. “Saya harap dalam pemberitaan harus pemberitaan yang cerdas. Jangan membuat opini-opini yang menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Cenderawasih Pos yang telah menjadi sumber informasi bagi masyarakat Papua dan Kota Jayapura khususnya. “Saya berterimakasih kepada cepos Papua yang hari-harinya diberikan pemberitaan perkembangan di Papua dalam bidang ekonomi, infrastruktur dan keamanan masyarakat Papua,” tuturnya.

Diketahui HUT Cepos jatuh pada tanggal 1 Maret, bertepatan pula pada bulan yang sama dengan HUT Kota Jayapura dan HUT Pekabaran Injil di Tanah Tabi. “Dan juga saya sampaikan kepada masyarakat Kota Jayapura dibulan Maret ini akan kami rayakan HUT Kota Jayapura. Marilah kita bersama-sama menjaga rumah kita bersama, honai kita bersama dan istana kita bersama. Selamat ulang tahun Cepos, Tuhan memberkati kita semua,” tandasnya.

Sementara itu pimpinan redaksi Cenderawasih Pos, Lucky Ireeuw menyampaikan, setiap tahun Cepos mengadakan berbagai event dalam rangka Hari Ulang Tahun Cepos, namun setelah pandemi tidak banyak kegiatan yang dilakukan Cepos. “Meskipun begitu tahun ini kami masih tetap melakukan donor darah mengingat urgent nya kebutuhan darah di Kota Jayapura,” pungkas Lucky.

Sementara itu,.  Ketua umum Palang Merah Indonesia Cabang Kota Jayapura Dr.Ir. H.Rustan Saru, MM. mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan Surat Kabar Harian (SKH) Cenderawasih Pos (Cepos) dalam rangka memperingati HUT Ke-29 di bulan Maret ini sangat bagus dan diapresiasi.

Hal ini disebabkan, semenjak ada Pandemi Covid-19 memang antusias masyarakat dalam melakukan donor darah sangat berkurang, sehingga dengan adanya kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan Cepos  untuk mendorong masyarakat dalam menyumbangkan setetes darahnya dan mendapatkan antusias dari semua pihak hal ini sangat diapresiasi dan diberikan acungan jempol oleh Rustan Saru yang juga sebagai Wakil Wali Kota Jayapura.

” Kegiatan sosial aksi donor darah tidak kali ini diselenggarakan oleh Cenderawasih Pos dan setiap dilakukan kegiatan donor darah pasti mendapatkan respon positif dari masyarakat serta instansi lainnya, banyak yang datang untuk berpartisipasi mendonorkan darah, tentu ini sangat baik sekali dan kami sangat berterima kasih, sehingga kami juga memberikan penghargaan sertifikat dari kami atas dukungan dalam pelaksanaan donor darah ini,”ungkapnya.

Rustan Saru menjelaskan, kebutuhan darah di PMI Kota Jayapura selama ini masih kurang sehingga dengan dilaksanakan gerakan sosial seperti ini oleh Cenderawasih Pos sangat membantu dalam rangka menyiapkan stok darah di PMI untuk dimanfaatkan ke masyarakat atau warga termasuk Rumah Sakit yang membutuhkan untuk kelangsungan kesinambungan bagi pasien yang membutuhkan.

Diakui, kebutuhan darah tidak hanya dibutuhkan untuk masyarakat Kota Jayapura saja, namun pasien dari luar Jayapura juga banyak yang datang untuk dirawat di rumah sakit Kota Jayapura dan membutuhkan darah seperti pasien dari luar kota Jayapura ada Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan daerah Pegunungan Tengah Papua.

Dengan demikian stok darah di PMI harus benar-benar terpenuhi jika masih kekurangan tentu dilakukan dengan donor pengganti atau melalui keluarga pasien atau orang lain yang mau mendonorkan.

Sementara itu, Weni Firmansyah selaku Redaktur Cenderawasih Pos mengaku, dirinya telah melakukan donor darah lebih dari 20 kali.

Hal ini menurutnya melakukan donor darah selain bisa membantu pasien yang membutuhkan darah namun juga baik untuk kesehatan dan bisa menjadi gaya hidup.

Pasalnya jika darah di dalam tubuh setiap minimal 3 bulan sekali diganti tentu darah semakin bagus karena bisa menghilangkan berbagai penyakit mulai menurunkan resiko terkena kanker, melindungi jantung, pembakar kalori secara teratur, menjaga kebugaran tubuh, penjaga kesehatan pikiran dan masih banyak manfaat lainnya.

Weni berharap masyarakat yang belum pernah melakukan donor darah supaya bisa mendonorkan darah dan jangan alasan takut jarum suntik karena tidak sakit.

Aksi donor darah yang dimulai sejak pagi hingga siang, Sabtu (26/2) berhasil mengumpulkan 83 kantong darah.

Kegiatan aksi kemanusian Donor darah ini selain dihadiri oleh Walikota Jayapura dan Wakil Walikota Jayapura, hadir juga Kapolresta Kota Jayapura, pimpinan BUMN, Bank , perwakilan dari TNI-Polri, organisasi masyarakat, tamu undangan lainnya serta masyarakat yang sukarela mendonorkan darahnya.

Kegiatan Aksi donor darah ini juga didukung pemerintah Kota Jayapura, PMI, dari PHRI Kota Jayapura, dari hotel Fox jayapura, Hotel Sahid  dan Horizon  Jayapura. ( Rhy /dil).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *