Pemilihan Tan Monj Diharapkan Spektakuler

Putra-putri Tan Monj saat mengikuti audiensi di Ruang Kerja Walikota Jayapura, Kamis (24/02) (Ayu/Cepos)

JAYAPURA – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menghadiri audiensi dengan putra putri Tan Monj Port Numbay, di ruang rapat Wali kota pada Kamis, (24/02). Benhur Tomi Mano menyampaikan arti Tan Monj adalah berawal dari bahasa tobati yang menyebutkan bahwa laki-laki adalah Tan dan perempuan disebut Monj.
“Tan adalah laki-laki yang gagah perkasa, Monj adalah perempuan-perempuan yang cantik dan berwibawa,” ujarnya.
Kegiatan pemilihan putra putri Tan Monj Port Numbay sudah diprogramkan oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura setiap tahun dalam rangka menyambut HUT Kota Jayapura. “Dan ini yang ke-10 tahun dalam kepemimpinan saya. Kita akan pilih sebagai duta duta lingkungan, duta duta wisata,” ujarnya.
Dirinya juga meminta kepada Dinas Pariwisata agar membuatkan grup untuk alumni putra putri pariwisata Port Numbay dari tahun 2012/2013. “Supaya mereka ini mendapatkan nilai ekonomi ada event besar di Provinsi Papua ada di Kota Jayapura, teman-teman ini saya akan pakai sebagai Pagar ayu, menjadi penerima tamu. Kalian ini akan dipakai, kegiatan acara resmi kenegaraan kalian akan dipakai, karena sudah lihat,” ujarnya.
Pada akhir masa jabatannya, dirinya akan membuat kegiatan pemilihan putra putri pariwisata kali ini lebih spektakuler dibanding tahun sebelumnya. “Maka tahun ini saya akan buat yang spektakuler bagi jabatan saya yang terakhir ini. Karena lain pemimpin lain masakannya. Mungkin program ini akan hilang. Kalau dinilai baik maka itu saya usulkan kepada dinas ini harus dibuat Perda supaya tidak boleh diubah oleh siapapun. Tetap siapa pemimpinnya ini kita menggali, kearifan lokal potensi Papua yang hebat hebat,” Ujarnya.
Menurutnya, maksud dan tujuan diselenggarakannya event ini adalah untuk merubah sikap perilaku pola pikir dari anak-anak Papua. “Kedepan pemuda Papua juga sama dengan pemuda-pemuda yang ada di luar sana, sama seperti pemuda di Jawa,” ujarnya.
Dirinya juga memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta. “Kamu hebat yang kuliah tekuni kuliahmu dan sukses,” ujarnya. (rhy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *