Gelombang Tinggi, Harga Ikan Laut Kembali Naik

Aktivitas jual beli ikan di Pasar Ikan Hamadi, Jumat (25/2). (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Harga ikan laut saat ini mulai mengalami kenaikan harga, khususnya untuk ikan ekor kuning, cakalang, udang maupun ikan kecil lainnya yang dijual di Pasar Ikan Hamadi.
Okto selalu penjual ikan keliling di Komplek SMAN 4 Entrop mengatakan harga ikan laut sekarang mengalami kenaikan lagi dampak dari tingginya gelombang air laut dan cuaca. Okto mencontohkan biasanya yang menjual ikan ekor kuning seharga Rp 50.000 sekarang Ia jual Rp 80.000 dan udang biasanya Ia jual Rp 80.000 sekarang Rp 100.000/kg.
Dampak dari naiknya harga ikan dan udang hal ini juga menyebabkan turunnya permintaan masyarakat dalam membeli ikan dan udang di komplek. Walaupun demikian, Ia tetap berjualan walaupun ikan yang Ia bawa tidak banyak yang penting jika masyarakat butuh pasti walaupun harga ikan mahal tetap dibeli.
Sementara itu Acok selaku penjual ikan di Pasar Ikan Hamadi mengakui harga ikan saat ini memang mahal mengalami kenaikan lagi baik ikan ekor kuning, cakalang, kakap merah maupun ikan kecil lainnya seperti kembung kawalina, termasuk udang.
Naiknya harga ikan serentak akibat gelombang air laut tinggi dan curah hujan sangat lebat sehingga para nelayan tidak berani melaut akibatnya harga ikan melambung.
Mereka mengakui, jika harga ikan naik memang berpengaruh terhadap tingkat pengunjung pelanggan di pasar ikan Hamadi yang datang membeli biasanya orang yang memang butuh atau pelanggan, beda dengan harga ikan murah atau stabil pasti pengunjung banyak yang datang ke Pasar Ikan Hamadi.
Menurutnya, harga ikan naik seperti ini terkadang juga penjual ikan malas ada yang datang ke pasar ikan Hamadi untuk berjualan karena stok ikan berkurang jikapun ada harganya mahal dan tentu dibutuhkan modal yang besar.(dil/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *