Mutu Vaksin Turut Diawasi BPOM

Mojaza Sirait. (Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Di tengah pandemi Covid-19, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Jayapura tetap menjalankan fungsinya melakukan pengawasan obat dan makanan yang ada di Papua.

  Kepala Balai BPOM di Jayapura Mojaza Sirait menyampaikan, pengawasan selama masa pandemi tetap dilakukan. Sejak pertengahan Januari tahun 2022, petugas BPOM sudah turun ke lapangan melakukan pemeriksaan sarana mulai dari apotek, tokoh obat, gudang farmasi, sarana distribusi pangan tokoh dan kios.

  “Pengawasan juga dilakukan secara sampling. Kita lakukan itu dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Mojaza kepada Cenderawasih Pos, melalui telepon selulernya Kamis (24/2).

  Selain itu, lanjut Mojaza, pihanya juga melakukan pengawasan terhadap iklan-iklan secara umum obat dan makanan. Termasuk iklan yang mengklaim berhubungan dengan Covid atau iklan-iklan yang melanggar aturan.

  Ada juga pendampingan terhadap pelaku usaha  yang sudah dikakukan sejak Januari hingga saat ini. Mojaza mengaku, setidaknya sudah 4 kali pihaknya turun lapangan untuk melakukan pengawasan diantaranya ke Kabupaten Supiori, Yapen dan dua kali di Kota Jayapura.

  “Selain itu kami lakukan kegiatan pendampingan usaha melalui daring diawal februari ini,” ucapnya.

   Menurutnya, semua kegiatan pengawasan obat dan makanan sudah berjalan. Bahkan Minggu ini Kabalai bersama pegawai BPOM turun langsung ke Wamena melakukan advokasi kepada pemerintah daerah terkait 3 kegiatan prioritas nasional BPOM. Diantaranya adalah program desa pangan aman, pasar aman berbasis komunitas dan pengawasan pangan jajanan anak sekolah.

  “Kegiatan tersebut akan berjalan sesuai dengan tahapannya selesai dengan bulan oktober hingga November,” kata Kabalai.

  Dikatakan, temuun yang paling menonjol di tahun 2022 ini adalah bersama Polda Papua melakukan penangkapan dan penahanan kepada penjual obat keras yang dipesan melalui online. “Kasus tersebut sedang kami proses,” ujarnya.

  Ditambahkan bahwa BPOM terus melakukan pengawasan obat dan makanan di tengah pandemi termasuk pengawasan mutu Vaksin yang dilakukan di puskesmas maupun di apotek. Pengawasan tersebut sudah berjalan di beberapa Kabupaten di Papua termasuk Kota Jayapura. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *