Di Tengah Pandemi, Stok Darah Kurang

Ir H Rustan Saru MM. (GAMEL/CEPOS)

Cenderawasih Pos Gelar Aksi Donor Darah

JAYAPURA-Di tengah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini, berpengaruh sekali terhadap stok atau persediaan darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI), termasuk yang ada PMI Jayapura. Persedian kurang, namun kebutuhan darah tiap bulan relatif stabil.

Menurut Ketua PMI Cabang Jayapura Dr Rustan Saru, kebutuhan stok darah di PMI Jayapura setiap bulannya mencapai rata-rata 1200 kantong darah. Namun ketersedian darah yang tersedia, rata-rata 750 kantong darah. Artinya, ada kekurangan stok darah yang mencapai ratusan kantong.

  Tak heran, masyarakat yang butuh donor darah, terpaksa harus  mencari sendiri orang yang bersedia dan cocok dengan kebutuhan golongan darah yang diperlukan. Dimana, upaya ini sering dilakukan melalui grup-grup Whatapps maupun media sosial lainnya.

  Oleh karena itu, dalam rangka  menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 Harian Cenderawasih Pos yang jatuh pada 1 Maret 2022, Cenderawasih Pos  menggelar kegiatan donor darah. Aksi donor darah ini akan digelar di aula lantai I Gedung Graha Pena Papua, jalan Balai Kota No 7 Entrop, mulai pukul 09.00 WIT.

   “Kegiatan ini untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI, disamping itu kami juga memfasilitasi warga yang ingin mendonorkan darah melalui kegiatan aksi donor darah ini,”ungkap Agung, sebagai panitia Donor Darah HUT  ke-29 Cenderawasih Pos.

  Menurutnya, di tengah pandemic ini Cenderawasih Pos memang tidak menggelar kegiatan jalan sehat dengan doorprize motor dan hadiah lainnya, seperti sebelum adanya pandemic. Kegiatan lebih difokuskan untuk kegiatan sosial, untuk membantu masyarakat, terutama dalam penyedian darah di PMI.

  “Kami harapkan bagi para pendonor yang selama ini rutin mendonor, maupun warga yang belum pernah donor, untuk bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini,”ujarnya. (tri)

  

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *