Bayar Parkir Pakai QRIS, CV Altavista Gandeng BNI

Petugas juru parkir di CV Altavista saat memberikan layanan pembayaran parkir melalui layanan QRIS yang bekerjasama dengan BNI, Sabtu (19/2). (Priyadi/Cepos)

Dipastikan Bisa Tingkatkan PAD Sektor Retribusi di Kota Jayapura
JAYAPURA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 16 (Papua dan Papua Barat) mengimplementasikan sistem pembayaran retribusi parkir Kota Jayapura menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
Kali ini, QRIS diterapkan di lapangan parkir Jalan Ahmad Yani Kota Jayapura, tepatnya di depan Sagu Indah Plaza. Implementasi tersebut dilakukan dengan sosialisasi kepada petugas parkir di berbagai lokasi di Kota Jayapura dan sekaligus mendampingi petugas parkir melakukan uji coba pembayaran parkir menggunakan QRIS di sejumlah titik parkir.
Pada saat sosialiasi dan uji coba tersebut, hadir Pemimpin BNI Wilayah 16 Ariyanto Soewondo Geni dan Direktur CV Altavista Michael Ayomi, perusahaan yang dipercayakan oleh pemerintah Kota Jayapura untuk mengelola retribusi jasa parkir Kota Jayapura.
Michael Ayomi mengatakan, dengan adanya kerja sama antara CV Altavista dan BNI Wilayah 16, terkait pembayaran retribusi parkir menggunakan QRIS, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan retribusi parkir Kota Jayapura. Sebab, dengan menggunakan pembayaran non tunai maka sistem pengelolaan uang jasa parkir akan lebih mudah, disiplin dan transparan,” ujarnya.
Hal senada juga dikatakan oleh Ariyanto Soewondo. Dia mengatakan, BNI berkomitmen untuk membantu Pemerintah Kota Jayapura dalam mewujudkan digitalisasi pembayaran di Kota Jayapura. Ariyanto menegaskan dengan adanya sistem pembayaran digital ini akan berdampak positif dan turut memberikan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Hal ini sejalan dengan program Pemerintah yang telah membentuk tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang tidak lain juga bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah menjadi lebih efisien sehingga meningkatkan PAD.
“Selain meningkatkan PAD, Pembayaran dengan menggunakan QRIS juga memberikan manfaat bagi pengguna parkir seperti transaksi cepat dan pengeluaran tercatat, aman dan terlindungi, karena diawasi oleh Bank Indonesia, efisien tanpa uang kembalian dan bebas biaya, lebih higienis tanpa kontak fisik sehingga dapat membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi,” pungkas Ariyanto.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *