Masih Optimis Keluar dari Zona Degradasi

Alfredo Vera

Pelatih Anyar: Alfredo Vera mulai mendampingi tim nya Persipura saat menghadapi Tira Kabo, Esar Roni dan menjadi gol bunuh, dalam lanjutan BRI Liga 1 seri 3 di Stadion Maguwoharjo Sleman kemarin (22/11). (Ahmad Khusaini / Jawa Pos)

JAYAPURA – Tim sepak bola raksasa tanah air, Persipura Jayapura musim ini kehilangan tajinya sebagai tim papan atas. Tim yang sudah mengantongi empat gelar juara liga Indonesia itu mengalami musim yang buruk. Kesebelasan yang kerap menghuni perburuan gelar juara itu justru terseok-seok di zona degradasi.

Apakah Persipura akan tersingkir dari kontestan sepak bola kasta tertinggi Indonesia? Belum, Persipura masih memiliki kans untuk menjauhi zona merah jika mampu memaksimalkan 9 laga sisa. Dengan catatan Persipura harus konsisten setiap laga. Pasalnya, Persipura saat ini sudah terpaut tiga poin dari Barito Putera yang ada di peringkat 15 dan 5 poin dari Persikabo yang ada di atas mereka.

Tapi Persipura tidak harus bergantung dengan hasil pertandingan Barito Putera dan Persikabo atau PSM Makassar yang ada di peringkat 13 dengan 28 poin. Persipura harus menentukan nasib mereka dengan cara meraup poin sebanyak-banyaknya di 9 laga sisa.

Tapi bukan perkara muda bagi Persipura untuk mendulang poin dari 9 calon lawan mereka. Pasalnya 3 dari 9 tim merupakan penghuni papan atas klasemen sementara. Persipura masih akan menghadapi Bali United, Bhayangkara FC dan Borneo FC sebagai tim papan atas.

Sementara 6 laga sisa, Persipura akan menghadapi Madura United, Persikabo, PSM Makassar PSS Sleman yang berusaha untuk menjauhi zona degradasi. Serta laga berat kontra Persita dan PSIS Semarang.

Allenatore Persipura, Angel Alfredo Vera mengaku optimis timnya mampu mendulang poin sebanyak-banyaknya pada 9 laga sisa untuk bisa meninggalkan zona degradasi. Bahkan arsitek asal Argentina itu mengaku mampu mendulang lima poin dari 3 laga sisa pada seri keempat.

“Kita masih optimis, dan dari tiga pertandingan sisa (seri empat) kita akan berusaha untuk mendapatkan 5 poin,” ungkap Alfredo Vera kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Minggu (20/2).

Persipura musim ini memang merupakan salah satu tim yang kerap diterpa badai Covid-19 dan cedera yang membuat tim berjuluk Mutiara Hitam itu tidak bisa tampil dengan formasi terbaik mereka.

“Kita selalu ada perubahan jelang pertandingan, karena masalah dengan Covid-19, ada beberapa pemain tidak bisa hadir. Kita juga sering menghadapi pertandingan sangat mepet dan persiapan pun sangat mepet juga,” ujar Alfredo Vera.

Ia juga menyebutkan, bahwa laga kontra Madura United hari ini (Senin-red) menjadi pertandingan yang sangat krusial bagi mereka. Sebab laga tersebut bisa saja menjadi momentum untuk mengembalikan kepercayaan diri pemainnya agar bisa menatap laga berikutnya dengan sebuah kemenangan.

“Kita punya motivasi tinggi untuk pertandingan ini (Madura United). Dan harap saya, semua pemain melupakan pertandingan sebelumnya dan menatap laga berikutnya dan bisa dapat poin,” pungkas Alfredo. (eri/wen)

Laga Sisa Persipura

Klub Peringkat Sat ini

Madura United 12

Bali United 3

Borneo FC 6

Bhayangkara FC 2

Persikabo 14

PSM Makassar 13

PSS Sleman 10

Persita 9

PSIS Semarang 8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *