Lagi, 4,2 Ton Telur Ayam Dikirim ke Wamena

Telur yang telah dikemas dan siap dinaikan ke Pesawat Hercules dari Biak menuju Wamena, Jumat (18/2) kemarin. (FIKTOR PALEMBANGAN/CEPOS)

BIAK-Pengiriman telur ayam lokal ke Wamena kembali dilakukan, Jumat (18/2), sebanyak 4,2 ton. Dalam dua hari berturut-turut ini, peternak ayam petelur dari Kabupaten Biak Numfor berhasil mengirim telur sebanyak 9,7 ton ke Wamena, sebelumnya 5,5 ton.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Biak Numfor I Made Suardana, S.Sos,M.MA mengungkapkan, pengiriman telur ayam lokal ke Wamena dalam dua hari berturut-turut karena jumlah produksi dari peternak sudah tergolong lumayan banyak, bahkan masyarakat sudah banyak meminati peternakan telur ayam lokal.

“Jadi dalam dua hari ini memang dilakukan pengiriman, ya jumlahnya tergolong banyak dan itu semua dari para peternak, termasuk telur-telur para peternak anak-anak asli Papua,”ujarnya.

Dikatakan, jumlah peternak ayam petelur lokal di kalangan anak-anak asli Papua jumlahnya sudah tergolong banyak, sudah mencapai belasan orang dan diupayakan secara berkesinambungan terus akan dibida, termasuk diberikan batuan sarana produksi, seperti bibit, kadang dan pakan.

“Pembinaan terhadap masyarakat kami lakukan secara terprogram dan berkesinambungan dan itu sudah cukup berhasil, buktinya kita sudah mengirim telur ke luar Biak dan sudah tidak ada telur yang masuk dari luar, artinya Kabupaten Biak Numfor saat ini sudah swasembada telur,” tandasnya.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *