Persipura Lakoni Jadwal Super Padat

Pemain Persipura Jayapura saat melakukan latihan di Stadion Mandala Jayapura bulan Desember 2021 lalu. (Erik / Cepos)

JAYAPURA-Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengaku ada beberapa perubahan terkait lanjutan kompetisi Liga 1 2021/2022 di tengah badai Covid-19.

Sesuai rujukan managers meeting yang dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh PT LIB dan klub peserta Liga 1 2021/2022 yang dilaksanakan pada 15 Februari lalu, serta hasil koordinasi LIB dengan TV Host Broadcaster menghasilkan beberapa kesepakatan terkait lanjutan kompetisi kasta tertinggi tanah air.

Dalam surat yang diterima Cenderawasih Pos, setidaknya ada enam poin penting yang menjadi kesepakatan bersama PT LIB dan kontestan Liga 1 Indonesia. Pertama, semua klub peserta Liga 1 menginginkan kompetisi selesai pada akhir bulan Maret 2022.

Kemudian poin kedua, harapan tersebut dengan asumsi bahwa tidak ada match lagi yang tertunda dan/atau tidak ada agenda FIFA match day/Timnas. Poin ketiga, jadwal dirancang ulang dengan penyesuaian adanya tiga laga yang tertunda.

Poin keempat, rancangan jadwal tersebut harus mempertimbangkan asas fairness dan penyesuaian selesai pada akhir bulan Maret 2022. Kemudian poin kelima, dari penyesuaian jadwal tersebut maka beberapa klub akan terkena dampak semakin berkurangnya hari recovery karena sebagai bagian domino effect yang tidak dapat dihindari.

Sementara poin terakhir, PT. LIB mengharapkan semua klub dapat menerima kondisi yang tidak ideal dan extraordinary ini untuk bersama sama menyelesaikan kompetisi sesuai update jadwal yang dirancang oleh PT. LIB.

Dengan adanya beberapa kebijakan baru di atas, maka semua jadwal pertandingan setiap klub juga ikut menyesuaikan. Termasuk jadwal yang akan dijalani oleh Persipura Jayapura. Salah satunya saat bersua dengan Persib Bandung yang awalnya dijadwalkan pada 19 Februari dimajukan sehari pada 18 Februari mendatang.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka bersama ini kami menyampaikan update jadwal seri ke-4. Sedangkan untuk update jadwal seri-5 akan disampaikan pada minggu ini setelah LIB melakukan sinkronisasi dengan Host Broadcaster,” ungkap Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dalam suratnya.

Sementara laga tunda Persipura Jayapura dengan Madura United yang sedianya dilaksanakan 1 Februari lalu dan akan dijadwalkan kembali pada 21 Februari mendatang.

Setelah itu, Persipura akan menghadapi Bali United pada 24 Februari, dan menghadapi Borneo FC pada 28 Februari mendatang.

Melihat jadwal tersebut, Persipura memiliki waktu recovery begitu singkat. Ian Kabes dan kolega hanya memiliki masa recovery selama dua hari setiap pertandingan.

Sementara itu, Media Officer Persipura Jayapura, Evert Dhoto juga membenarkan terkait perubahan jadwal yang akan dilakoni oleh pasukan Mutiara Hitam julukan Persipura.

“Persipura Jayapura akan bermain pada 18 Februari 2022 yang tadinya dijadwalkan 19 Februari 2022. Hal ini sesuai dengan rujukan manager meeting,” tutup Evert Dhoto. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *