Satgas Covid 19  Mulai Patroli Pembatasan Aktivitas Malam

Salah satu pelaku usaha menerima dan menandatangani surat pemberitahuan pembatasan aktivitas perekonomian di malam hari. (Ayu/Cepos)

JAYAPURA-Pembatasan waktu aktivitas masyarakat di Kota Jayapura pada malam hari kembali dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid 19. Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru bersama tim satgas covid 19 Kota Jayapura melakukan patroli untuk melakukan  pengawasan pada sejumlah titik di Kota Jayapura.

  “Kita telah melakukan patroli malam hari, sesuai dengan aturan aktivitas perekonomian mulai pukul 06.00 pagi sampai 21.00 malam. Maka di malam perdana kali ini sesuai instruksi walikota kita melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat terutama pada aktivitas perekonomian yang berjualan di malam hari, juga kepada kegiatan sosial kemasyarakatan di malam hari,” ujar Rustan Saru, Kamis (10/2)

  Tidak hanya warung dan pertokoan, event atau acara seperti pesta pernikahan dan lain-lain tidak boleh dilangsungkan di atas jam sembilan malam. Pihaknya mengharap pengertian masyarakat terhadap kondisi saat ini. “Kasus covid 19 terus meningkat setiap harinya. Kita telah merubah jadwal aktivitas malam sehingga kita minta mereka memahami ini,” jelasnya.

  Diharapkan dengan sosialisasi pada malam hari ini, pada patroli selanjutnya tidak ada lagi masyarakat yang masih melakukan aktivitas di atas pukul 21.00 WIT. “Pada patroli berikutnya jika ada yang masih melanggar kita akan melakukan penertiban secara khusus pada masyarakat yang tidak mematuhi,” imbuhnya.

  Sanksi yang diberikan jika tidak mematuhi aturan tersebut berupa penyegelan tempat usaha dan paling berat adalah pencabutan izin usaha dan denda Rp 50 juta.

  Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Jayapura, Mukhsin Ningkeula mengimbau masyarakat agar melaksanakan prokes dengan ketat dan melakukan vaksinasi. “Kita akan tetap melaksanakan patroli untuk memastikan masyarakat mematuhi aturan pembatasan waktu yang ada. Kita tidak bisa tanpa kerjasama. Pemerintah sudah buat aturan sekarang tinggal dilaksanakan saja.

   Kami mengimbau masyarakat bahwa kasus covid ini terus meningkat karena dalam 3 hari terakhir ini angkanya di atas 90. Kami mengimbau masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah, kami juga mengimbau kepada masyarakat yang belum vaksin agar segera vaksin karena dengan cara itulah kita bisa mencegah covid ini,” tandasnya.

   Penertiban dilakukan di beberapa titik di antaranya Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan,  Abepura dan Heram. Disampaikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar mematuhi instruksi walikota No. 2 tahun 2022 tentang penanggulangan dan pencegahan covid 19 di Kota Jayapura. (Rhy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *