Berharap Tiga Pemainnya Bisa Tampil Lawan Barito

Striker Persipura Gunansar Mandowen saat berlatih di Stadion Mandala beberapa waktu lalu. Gunansar dan tiga pilar lainnya berharap dapat segera dimainkan lawan Barito Senin (13/2) lusa. (Erik/cepos)

JAYAPURA – Kabat mengejutkan hadir dari skuat Timnas Indonesia U-23. Tim asuhan Shin Tae-yong itu menyatakan mundur dari Piala AFF U-23 2022. Lantaran kekurangan pemain akibat badai Covid-19 yang melanda pasukan Garuda muda.

Melalui laman PSSI menyebut ada tujuh pemain Timnas yang terpapar Covid-19. Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Kemudian empat pemain lainnya menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan mereka yang terpapar Covid-19, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Selain itu, juga ada kabar tiga pemain Timnas sedang mengalami cedera. Begitu juga posisi kiper yang kini hanya menyisakan Muhammad Riyandi, karena Cahya juga positif COVID-19.

Situasi darurat ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi, mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis federasi.

“Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena Covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujarnya.

Sejatinya, Timnas U-23 dijadwalkan berangkat ke Kamboja pada, Jumat (11/2). Namun keberangkatan ini dipastikan batal lantaran PSSI memutuskan Timnas U-23 tak ikut serta Piala AFF U-23.

Kabar tersebut tentu menjadi angin segar bagi beberapa kontestan Liga 1. Mengingat pemain mereka yang bergabung dalam TC Timnas U-23 kembali bisa memperkuat tim mereka dalam lanjutan Liga 1 2021/2022.

Persipura Jayapura salah satu tim yang memberikan kontribusi cukup besar. Tak tanggung-tanggung Persipura mengirim tiga pemain sekaligus, Ramai Rumakiek, Gunansar Mandowen dan Irsan Lestaluhu. Sehingga ketiga pemain tersebut bisa saja menjadi pilihan utama bagi pelatih Persipura Angel Alfredo Vera saat bersua dengan Barito Putera pada 14 Februari mendatang.

Tapi Alfredo belum bisa memastikan kondisi ketiga pemainnya itu. Tapi ia berharap Gunansar, Ramai dan Irsan dalam kondisi yang baik sehingga bisa menjadi pilihan saat menghadapi pasukan Laskar Antasari julukan Barito Putera.

“Kami akan melihat kondisi mereka dulu saat berada di tim. Apakah siap bermain atau tidak. Semua kembali kepada kondisi pemain, tapi semoga mereka bisa tampil,” ungkap Vera kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Jumat (11/2).

Allenatore asal Argentina itu tak menampik jika ketiga pemainnya tersebut merupakan pilar penting dalam timnya. Sehingga ia juga mengaku tidak heran bisa diberikan kepercayaan untuk membela Garuda Indonesia.

“Semua pemain dalam Persipura sangat penting bagi kami. Kemudian Gunansar, Ramai dan Irsan ke Timnas itu saya sangat senang. Semoga kedepan banyak lagi pemain Papua ke Timnas, karena mereka punya potensi,” pungkasnya. (eri/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *