Kesadaran Warga Rendah, Saluran Air Dipenuhi Sampah Plastik

Sejumlah tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura saat melakukan pembersihan saluran air dan drainase di Kota Sentani,  Sabtu (5/2). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Akibat rendahnya kesadaran masyarakat di Kota Sentani dan sekitarnya dalam membuang sampah,  berdampak pada penyumbatan di hampir sebagian besar saluran drainase yang ada di Kota Sentani.  Saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura terus melakukan upaya pembersihan sampah-sampah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Jayapura,  Abdul Rahman Basri sangat menyayangkan kondisi ini.  Kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya bisa memberikan dampak buruk bagi masyarakat itu sendiri,  terutama banjir yang disebabkan tersumbatnya  saluran drainase.

“Kami sangat sayangkan, banyak sampah plastik yang menutupi saluran air. Ini bisa saja memberikan dampak buruk bagi masyarakat itu sendiri. Ketika sampah menyumbat saluran air, sudah pasti banjir akan terjadi,” kata Abdul Rahman Basri, Sabtu (5/2).

Diungkapkan, belakangan ini pihaknya telah menurunkan sejumlah tenaga kebersihan dari untuk secara rutin melakukan pembersihan saluran drainase yang ada di sekitar Kota Sentani Kabupaten Jayapura .

Aksi nyata seperti ini tentunya tidak cukup dilakukan oleh tenaga kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura , apabila tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah di sembarang tempat.  Terutama sampah plastik dan botol botol plastik yang memang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk diurai.

“Kami berharap masyarakat bisa bekerja sama dengan kami,  khususnya dalam menjaga kebersihan kota ini dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.  Kami sudah menyiapkan kontainer di sejumlah titik, dan waktunya juga sudah kami sediakan dari pukul 9 malam sampai jam 5 pagi,”jelasnya.(roy/ary).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *