Kadis PU Nduga Inisiasi Penanaman Padi

Kadis PU Kabupaten Nduga Gay Murib ketika memperlihatkan padi yang tumbuh di Kabupaten Nduga, Minggu (6/2). (Gay For Cepos)

JAYAPURA – Letak geografis merupakan salah satu penentu strategisnya suatu lokasi wilayah dalam sistem perekonomian regional maupun daya dukung wilayah. Secara geografis, Kabupaten Nduga terletak antara 137,450 – 139,500 Bujur timur dan 4,000 – 4,500 Lintang Selatan.

Kabupaten Nduga kini sedang dilakukan upaya penanaman padi yang diinisiasi oleh Kadis PU, Gay Murib. Padi tersebut ditanam di lahan seluas 3 Hektar di kampung Kerepkuri, Distrik Kerepkuri Kabupaten Nduga.

Bahkan Gay juga telah menyiapkan lahan seluas 6 hektar untuk penanaman padi dengan melibatkan masyarakat. Menurut Gay penanaman padi tersebut sudah dilakukan sejak tahun lalu, yang mana awalnya hanya coba-coba.

“Saya lihat dari saudara kita yang ada di luar Papua dan di Merauke, dan saya punya niat untuk mencoba, puji Tuhan berhasil di lahan 3 Hektar ini,” ucapnya Minggu (6/2) pagi.

Ia pun menjelaskan inisiasi yang dilakukan tidak lain untuk merubah pola dari masyarakat lokal untuk memiliki pendapat tetap. “Warga mereka sering berkebun dan berpindah, mudah mudahan langkah ini bisa membawa perubahan bagi masyarakat,” terangnya.

Disamping itu Gay juga telah mempersiapkan pelatihan untuk Masyarakat bertanam padi. “Sementara masih dari keluarga dan kami akan buat kelompok tani, dan kami juga bekerjasama dengan Pastoran yang ada di Nduga,” tutur Gay.

Sementara itu Kapolres Nduga, AKBP I Komang Budiartha memberikan apresiasi kepada Gay Murid yang memiliki jiwa inspirasi bagi masyarakat lokal. “Luar biasa kami sudah cek dan betul ada lahan pertanian padi di Nduga,” ucapnya.

Disamping itu pihaknya juga akan membantu guna meningkatkan taraf hidup masyarakat di Nduga lewat pertanian. “Selain tugas yang pengamanan, polisi juga memiliki tugas lainnya yakni memberikan inovasi perubahan bagi masyarakat dari segi kehidupan. Kami akan bekali masyarakat,” jelasnya.(gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *