Diduga Karena Bakar Sampah, 1 Bengkel Ludes

Tim pemadam kebakaran bersama anggota Polsek Jayapura Utara dan tim RAPI  mengecek puing-puing kebakaran yang  menimpa bengkel mobil di Pasir II Jayapura Utara, Sabtu (52). (Humas Polresta for Cepos)

JAYAPURA-Satu bengkel mobil di Pasir II Jayapura Utara dilaporkan terbakar dan menghanguskan seluruh isi bengkel pada Sabtu (5/2). Dugaan sementara api berasal dari tumpukan sampah yang dibakar kemudian merembet. Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian juga tak bisa berbuat banyak, karena api lebih dulu membakar isi bengkel.    

   Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd melalui Kapolsek Jayapura Utara AKP Jahja Rumra, S.H., M.H menyampaikan bahwa  kebakaran yang terjadi menghanguskan satu unit bengkel mobil milik korban bernama Yani Manorek (47) di Kompleks Belakang Kantor BPKP Pasir II Kelurahan Tanjung Ria Distrik Jayapura Utara.

   Api diduga akibat api pembakaran sampah dan selain menghanguskan satu unit bangunan bengkel ternyata di dalamnya juga terdapat dua unit mobil, yakni satu unit Suzuki Carry dan satu unit Jeep Willys yang sedang diperbaiki.

   “Jadi kejadian kebakaran bermula saat korban yang sedang membakar sampah di dekat bengkel miliknya dan tak lama kemudian ada saksi yang melihat kepulan asap dari dalam bengkel dan setelah dicek ternyata api sudah membesar,” jelas Kapolsek Jahja.

   Setelah kaget melihat ada asap dari dalam bengkel, saksi kemudian memberitahu korban dan keduanya langsung bergegas memadamkan menggunakan air yang ada di sekitar lokasi. Sementara  itu, saksi lainnya langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Jayapura Utara sambil ikut memadamkan api.

   Hanya sayangnya  luapan api  ini baru bisa dipadamkan 1 jam setelah seluruh isi bengkel ludes terbakar. “Setelah satu jam baru api bisa dipadamkan  usai dibantu 1 unit mobil damkar,” bebernya.

   Dari hasil pemeriksaan sementara,  kata Jahja, diduga jika kelalaian pemilik bengkel yang membakar sampah di sekitar bengkel dan tidak mengawasi, sehingga kondisi angin yang kencang membawa serpihan  atau sisa-sisa pembakaran ke dalam bengkel dan terkena beberapa material yang mudah terbakar, yaitu bensin dan thinner serta bahan bangunan yang terbuat dari kayu sehingga menyebabkan api bertambah besar dan cepat menyebar.

    “Peristiwa kebakaran yang terjadi kini dalam penanganan unit reskrim Polsek Jayapura Utara dan akan kami dalami terkait penyebab kebakarannya, dimana dari kejadian kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka, namun kerugian materil   diperkirakan sekitar Rp. 200 juta,” tutup Kapolsek. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *