Cegah Bencana, Basarnas Tanam Pohon di Kawasan Penyangga

Sejumlah anggota basarnas, TNI, masyarakat dan  organisasi CPA  Hiroshi saat melakukan penanaman pohon penghijauan di kawasan penyangga Pegunungan Cycloop,  Kamis (3/2) kemarin. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Sebagai upaya jangka panjang meminimalisir terjadinya bencana banjir bandang dan tanah longsor di sekitar kawasan penyangga Gunung Cycloop ,  Basarnas Jayapura bekerja sama dengan CPA Hirosi, masyarakat dan juga TNI Lanud Silas Papare melakukan kegiatan penanaman pohon penghijauan di kawasan penyangga Gunung Cycloop,  Kamis (3/2).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Jayapura,  Sunarto mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan oleh pihaknya ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Basarnas ke-50, yang akan diselenggarakan pada 28 Februari mendatang.

“Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan. Salah satunya kegiatan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon penghijauan di kawasan penyangga kaki gunung Cycloop,” kata Sunarto kepada wartawan di sela-sela kegiatandi kawasan penyangga Gunung Cycloop, Kamis (3/2).

Dia mengatakan,  kegiatan penanaman pohon penghijauan ini bertujuan membantu menjaga alam Cycloop untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti yang sudah pernah terjadi pada Maret 2019 lalu.

Melalui kegiatan itu juga pihaknya ingin menunjukkan kepeduliannya mengantisipasi terjadinya bencana alam dan juga turut serta dalam menata kawasan penyangga Cycloop guna meminimalisir tindakan pengalihfungsian lahan di kawasan tersebut.

“Hutan di sekitar kawasan penyangga Cycloop ini sudah semakin jarang ditumbuhi pohon-pohon.  Kondisi ini tentunya bisa saja menjadi pemicu akan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,”tandasnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *