Targetkan 10 Ribu Perekaman Tahun ini

Suasana  di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jayawijaya, Kamis, (3/2). Warga mulai antusias mengurus dokumen kependudukan. (Denny/ Cepos)

WAMENA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayawijaya, menargetkan 10 ribu perekaman data penduduk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu keluarga bagi masyarakat yang berdomisili di distrik pinggiran pada Tahun 2022 ini.

Kepala Disdukcapil Jayawijaya, Kenius Tabuni, SH mengatakan, tahun lalu sudah dilakukan perekaman ke distrik-distrik, namun masih banyak warga yang  belum terekam, oleh karena itu, tahun ini program tersebut kembali dilakukan  dengan target 10 ribu perekaman.

“Tahun ini ada rencana turun lagi ke distrik-distrik. Targetnya 10 ribu perekaman, semua perangkatnya akan disiapkan,”ungkapnya, Kamis (3/2) kemarin,

Ia menyatakan, 40 distrik di Jayawijaya ini tidak mudah dijangkau, karena itu Disdukcapil telah merencanakan pelayanan ke distrik yang mudah dijangkau dulu.

“ Wilayah kita ini ada yang bisa ditempuh dengan jalan darat dan ada yang masih belum bisa atau sulit, karena itu kita selesaikan dulu yang bisa ditempuh jalan darat ,”jelasnya.

Ia mengatakan, saat warga Jayawijaya mulai antusias mengurus identitas diri sebab KTP, KK  merupakan syarat untuk menerima bantuan dari pemerintah yang akhir-akhir ini cukup banyak.

“Selama ini bantuan pemerintah yang lewat kampung itu kalau tidak punya KK dan KTP, mereka tidak bisa dapat,  sehingga untuk mendapatkan bantuan tersebut, saat ini warga mulai antusias mengurus KTP dan KK,” katanya.

Tabuni juga menyebutkan kendala yang dihadapi pihaknya dalam melakukan perekaman keliling ini adalah fasilitas kendaraan yang masih kurang, namun mereka tetap memanfaatkan yang ada.

“Mobil kita yang ada tidak bisa sampai ke wilayah yang terjal seperti Distrik Itlay Hisage, itu sulit untuk mobil kami lalui medannya, kecuali mobil jenis strada, jadi kami masih butuhkan sarana transportasi,”tutupnya. (jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *