Satpam Punya Andil Bantu Polisi

Wakapolda Papua, Brigjend Pol Dr Rudi Eko Sudarto memberikan potongan nasi tumpeng kepada salah satu security (Satpam) yang bekerja di PLN pada perayaan HUT Satpam ke 41  yang dirayakan di Hotel Aston Jayapura, Rabu (2/2). (Gamel/Cepos)

JAYAPURA-Keberadaan Satuan Pengamanan (Satpam) dalam kerja – kerjanya diakui sangat membantu tugas Polri selama ini. Satpam juga menjadi sebuah pekerjaan mulia karena bagian dari pengamanan swakarsa yang telah dilakukan pembinaan.

   Kehadiran Satpam juga untuk menjaga stabilitas Kamtibmas, sebab Polri tidak bisa bekerja sendirian tanpa dukungan masyarakat. Bahkan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung upacara peringatan HUT ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2).

  “Saat ini Satpam sudah berjumlah kurang lebih 1 juta dan menjadi potensi  untuk ikut menjaga stabilitas kamtibmas, khususnya terkait pencegahan terhadap potensi-potensi kejahatan di wilayah tugas masing-masing,” ujar Sulistyo dalam diskusi virtual yang juga disaksikan puluhan Satpam di Jayapura, kemarin.

   Untuk di Jayapura perayaan ini dilakukan dengan pemotongan tumpeng yang dipimpin Wakapolda Papua, Brigjend Pol Dr Rudi Eko Sudarto di Hotel Aston Jayapura.  Kapolri berharap  kedepan ada sinergitas dan kemudian dukungan dari rekan-rekan Satpam dalam melaksanakan tugas kepolisian termasuk ikut merespon perkembangan pandemic Covid-19 saat ini.

   Kapolri ingatkan agar Satpam juga peka dan terus memantau Kamtibmas di sekitar tempat kerja termasuk protokol kesehatan di tempat kerja. “Ada varian baru yang mulai meningkat yakni Omicron dan ingatkan keluarga dan kantor yang belum melakukan vaksin untuk segera  sebab jika laju covid bisa dikontrol maka roda ekonomi juga akan berjalan sebagaimana mestinya,” imbuh Kapolri.

    Kapolri juga melakukan interaksi dengan beberapa Satpam dan meminta Satpam menyimpan nomor Pembina baik Kapolsek, Kapolres maupun Dir Binmas Polda.  Wakapolda, Brigjend Rudi menyampaikan bahwa Satpam lahir karena ada kebijakan negara untuk mengoptimalkan fungsi tugas aparat negara.

   “Bapak Satpam adalah Dr Awaludin Jamil MPh yang merupakan dosen saya dan kami harus akui bahwa Polri sangat terbantu dengan kerja – kerja Satpam selama ini,” kata Wakapolda.

  HUT Satpam ke 41  di Jayapura juga dihadiri Asosiasi Badan Usaha   Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) dan Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (Apsi). (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *