DKP Biak Kelola Anggran Rp 18,9 Miliar

Efendi Igirisa, S.Pi.,MM. (FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS)

BIAK-Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Kabupaten Biak Numfor pada tahun 2022 mengelola anggaran tergolong besar. Ya, setidaknya tidak kurang dari Rp 18, 9 miliar yang akan dikelola untuk membiayai sejumlah program percepatan pembangunan sektor perikanan.

Anggaran sebesar itu masing-masing berumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 9,6 miliar dan dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp 9,3 miliar. Dana itu digunakan untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan dan pengadaan sarana dan prasana.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Biak Numfor, Efendi Igirisa, S.Pi, M.Pd mengatakan, pada tahun ini sejumlah kegiatan yang telah diprogramkan tidak keluar dari konteks kegiatan budidaya perikanan dengan masyarakat nelayan sebagai pelakunya.

“Tahun ini memang kami mengalami peningkatakan sumber anggaran yang tergolong cukup besar jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, untuk membiayai sejumlah program, kami mendapatkan dana Otsus Rp 9,3 miliar dan DAK Rp 9,6 miliar,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

Dikatakan, sejumlah kegiatan yang akan dibuat tetap memperhatikan petunjuk teknis penggunaan DAK ataupun dana Otsus, dan anggaran sebesar itu telah dituangkan dalam sejumlah program yang tinggal ditindaklanjuti pelaksanaannya.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *