Bupati dan Wabup Yahukimo Hadiri Panen Padi Perdana

Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, SH dan Esau Miran, SIP saat panen padi perdana di Kampung Muara, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Senin, (31/1).

YAHUKIMO- Bupati dan Wakil Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, SH dan Esau Miran, SIP menghadiri panen padi perdana di Kampung Muara, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Senin, (31/1).
Pada kesempatan itu, Bupati Didimus sangat berterima kasih atas panen perdana ini. “Upaya keras yang dilakukan warga telah kita nikmati hasilnya,”ungkapnya di sela-sela mengahadiri panen perdana itu.
Terkait dengan itu, ke depan, pihaknya akan mendorong warga untuk merubah perilaku bercocok tanam yang dulunya dari hutan. “Kita harus memberi pemahaman bagi warga untuk merubah itu agar hasilnya lebih maksimal,”ujarnya.
Bupati punya keyakinan, jika ini berhasil dilakukan maka ke depan bukan lagi panen perdana tapi panen raya.”Hasilnya bisa kita kirim ke kampung-kampung sehingga ekonomi masyarakat di sana bisa jalan,”pungkasnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Yahukimo, Bongga Sumule menambahkan, jenis padi yang dipanen ini adalah padi merah.”Sebenarnya ini panen raya, tapi kami masih malu mengatakannya karena baru sedikit yang kami tanam,”katanya.
Karena itu, ke depan pihaknya akan menambah lahan pertanian seluas 120 hektar.”Kami mohon dukungan dari warga, terutama pemilik ulayat di lokasi yang akan dibuka lahan pertanian itu,”harapnya. Untuk jenis padi yang akan ditanam, nanti disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada.”Kita ingin seperti Merauke, tiga kali panen selama satu tahun, kalau yang kita panen ini memang umurnya agak panjang karena mulai dari pembibitan, empat bulan baru panen,”jelasnya.
Untuk itu, nanti disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada, jika cocok dengan umur 3 bulan sudah panen, maka itu yang akan dikembangkan sehingga sama dengan Merauke, tiga kali panen selama satu tahun.
Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Kabupaten Yahukimo, Ali Mujiono mengatakan, panen perdana ini menginpirasi Perusda untuk bisa lebih besar lagi ke depan karena kebutuhan masyarakat terkait.
“ke depan Perusda akan terus berusaha memenuhi kebutuhan pangan tersebut, dan juga membuka lapangan kerja, peningkatan sarana-sarana, ada banyak hal yang dikerjakan ke depan, termasuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
Panen perdana ini juga dihadiri oleh Sekda Yahukimo, Elai Giban, SE, MM, Kapolres Yahukimo, Dandim 1715 YKM, serta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Yahukimo.
(Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *