BTM: Pramuka Harus Miliki Program Nyata

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM saat menepuk tifa dimulainya rapat kerja Pramuka Kwarcab Kota Jayapura di Horison Kotaraja, Selasa (1/2). (Ayu/Cepos)

 

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Jayapura mengharapkan agar Pramuka harus memiliki suatu program nyata.
Sebab, gerakan pramuka menjadi wadah pembinaan yang dipercayakan untuk melaksanakan pendidikan karakter kawula muda Indonesia. Gerakan pramuka juga dituntut untuk lebih berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Gerakan pramuka diharapkan mampu meningkatkan keterampilan, meningkatkan ilmu pengetahuan, meningkatkan ketegasan, disiplin fisik dan mental. Sehingga menjadi gerakan muda yang tangguh, harapan bangsa dan kelak menjadi penerus dan pengembang cita cita perjuangan bangsa.” Ujar Wali Kota Benhur Tomi Mano saat menghadiri pembukaan Raker Kwarcab Pramuka Kota Jayapura, di Hotel Horison Kotaraja, Selasa (1/2).
Menurutnya, Pramuka harus dapat membangun sumber daya manusia dan membentuk karakter manusia. Sehingga pengurus kwartir cabang dan kwartir ranting harus mengedepankan jiwa persatuan dan kekompakan dalam merumuskan prioritas.
Dirinya juga menyampaikan bahwa, Gerakan pramuka sebagai organisasi yang menjalankan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda walaupun di tengah pandemi covid 19. Sehingga mempunyai tantangan tersendiri untuk tetap berkomunikasi dan berinteraksi sesuai situasi dan kondisi yang ada.
“Kumpul orang hebat, cakap, pintar, cerdas. Banyak hal yang dibuat oleh pramuka baik itu Kwarda maupun Cabang untuk membantu pemerintah daerah. Membantu mengatasi memutus mata rantai covid 19. Membantu pada saat pemerintah dilanda banjir dan longsor di Kota Jayapura pramuka ini terus menjaga, dan terus mendekatkan kepercayaan. Ini harapan saya,” Ujarnya.
Melalui rapat kerja ini, Wali Kota berharap, pengurus dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mendukung terbitnya generasi unggul, dalam anggota badan pramuka di Kota Jayapura yang berkarakter dan berbudaya. Sebagai bentuk program nyata, Benhur Tomi Mano menawarkan 1 program. Yaitu pramuka membuat suatu taman untuk memperindah Kota Jayapura. “Disitu kamu bisa tanam dengan segala tanaman. Saya kira itu program yang nyata dan tampak kasat mata kontribusi untuk memperindah, mempercantik Kota Jayapura,” ujarnya. (Rhy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *