Jadi Sumber Data, Seluruh OPD Harus Pahami Penyusunan LPPD

Wali Kota Jayapura, Dr Benhur Tomi Mano menabuh tifa saat membuka kegiatan Sosialisasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2022 di Hotel Batiqa, Selasa, (25/1). (Ayu/Cepos)

JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM mengungkapkan bahwa Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) merupakan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1 tahun anggaran. Sehingga menurutnya seluruh OPD harus mengetahui bagaimana penyusunan LPPD dengan baik.
“Organisasi perangkat daerah harus mengerti dan memahami dalam menyusun LPPD. Karena merupakan sumber penyedia data yang tersaji dalam LPPD tersebut,” Ujarnya.
Selanjutnya penyusunan LPPD menurutnya menjadi salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintah daerah. Sehingga penyusunan LPPD ini merupakan kewajiban pemerintah daerah.
“Kita harus melaporkan kepada provinsi setiap kabupaten kota. Penyusunan LPPD diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran dan saling berbagi informasi agar LPPD dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan pedoman dan kaidah-kaidah yang telah ditentukan,” ujarnya.
LPPD juga diharapkan dapat menjadi sumber informasi pembangunan mencari potensi kerja, bersama lintas OPD dan berbagai sumber daya. Sehingga hasil pembangunan dapat lebih dirasakan manfaatnya.
“Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi penyusunan LPPD tahun 2022 ini, saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga melalui kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang berguna bagi kita semua,” Ujarnya.
Hal ini dilakukan untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan di kota Jayapura. Sehingga dalam hal ini, BTM mendukung sepenuhnya penyusunan LPPD tahun 2022 sesuai dengan perubahan format yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 18 tahun 2020.
“Ingat bahwa di Provinsi Papua LPPD ini kota Jayapura peringkat nomor 1 tercepat dalam pelaporan. Juga nomor 1 dalam penyusunan LHKPN itu nomor satu seluruh Papua. Ini yang kita harus pertahankan. ini kota dengan segala fasilitas yang lengkap, kota orang-orang cerdas, orang-orang pintar ada di kota ini, teknologi itu ada di kota ini,” Ujarnya. (rhy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *