KPU Yalimo Mulai Distribusikan Logistik PSU

 Logistik PSU Yalimo yang mulai diangkut ke pesawat di Bandara Wamena, Sabtu (22/1), kemarin. (Denny/ Cepos)

WAMENA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo mulai mendistribusikan logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu, (22/1) ke sejumlah titik di lima distrik yang ada di kabupaten tersebut. Distrik yang tak bisa dilalui dengan jalan darat diutamakan lebih dulu seperti Welarek, Benawa dan sebagian di Apalapsili yang menggunakan penerbangan.
Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen mengatakan, pendistribusian logistik didahulukan bagi wilayah yang harus menggunakan pesawat seperti di Distrik Benawa, Welarek dan Apalapsili.
Distrik yang menggunakan helikopter yakni Benawa, Welarek di Kampung Seherek, Apalapsili di Kampung Kulet.
“ Sedangkan yang menggunakan pesawat kecil dua titikdi Benawa yaitu di Lawe dan Gilika dan lima titik di Distrik Welarek,” ungkapnya kepada wartawan saat pendistribusian, Sabtu (22/1).
Ia menjelaskan, ada penambahan titik-titik distribusi logistik di tiga distrik. Seperti di Apalapsili, ada dua titik distribusi, jika selama ini dilakukan distribusi ke kantor distrik menggunakan pesawat, ada penambahan satu titik lagi yaitu di Kulet.
“Di Kulet itu ada 14 kampung, sehingga kita akan menggunakan helikopter karena jarak dari Distrik Apalapsili ke Kulet itu cukup jauh,”jelasnya.
Ia juga menyatakan, di Welarek juga terjadi penambahan satu titik distribusi yaitu di Seherek untuk tujuh kampung, sehingga pihaknya gunakan helikopter ke sana.
Sedangkan untuk Distrik Abenaho, kata Walianggen juga didistribusikan Sabtu (22/1) yang akan didrop ke kantor distrik, lalu Senin (24/1/2022) didistribusikan ke beberapa titik, mulai dari Landikma hingga kampung berbatasan dengan Elelim.
“Untuk Elelim rencana kita akan geser 24 Januari karena bisa dijangkau dengan jalan darat, semua kampung/TPS yang ada,” katanya.
Walianggen menambahkan, jumlah TPS tidak ada penambahan, tetap 327 TPS di lima distrik. KPU juga sudah lakukan rapat koordinasi kemudian Polres Yalimo dibackup Polres Jayawijaya siapkan dua anggota untuk mengirim personelnya ke setiap titik di mana KPU lakukan distribusi.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *