Digitalisasi Layanan Bank Papua, Mudahkan Layanan bagi Para Nasabah

Penghargaan Top Digital Award yang diterima Bank Papua, Direktur Utama Bank Papua F. Zendrato Direktur Utama Bank Papua dan Pemimpin Divisi Teknologi Informasi Bank Papua Didik Andreas di Jakarta, Desember 2021 lalu. (Humas Bank Papua for Cepos)

JAYAPURA- Seiring perkembangan teknologi informasi yang berkembang cepat saat ini, Bank Papua juga banyak melakukan inovasi digital banking, sekaligus untuk memberikan kemudahan layanan bagi para nasabah atau pelanggan.
Direktur Utama Bank Papua, F. Zendrato menjelaskan bahwa digital banking yang dikembangkan Bank Papua bukan sekadar untuk melayani nasabah secara online, namun juga dikembangkan dalam bentuk produk-produk sesuai fungsi perbankan dalam aplikasi platform digital. Seperti produk pinjaman, financial technology atau uang digital, layanan transaksi keuangan digital, dan lainnya.
Terkait digitalisasi layanan kepada nasabah ini, Bank Papua telah memperoleh penghargaan TOP DIGITAL Awards pada tahun 2021. Pertama untuk kategori Top Digital Implementation 2021 Level Stars 4. Kedua, Kategori Top Leader on Digital Implementation 2021 diberikan kepada F. Zendrato Direktur Utama Bank Papua. Ketiga, Top CIO on Digital Implementation diberikan kepada Didik Andreas Pemimpin Divisi Teknologi Informasi Bank Papua
“Saat ini, Bank Papua juga sudah memiliki aplikasi Mobile Banking yang terus dikembangkan lebih advance. Bank Papua Mobile Banking merupakan fasilitas layanan perbankan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi langsung secara online yang telah dilengkapi dengan Fitur Pembayaran menggunakan QRIS.” ungkap F Zendrato dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Minggu (23/1) kemarin.
Aplikasi Bank Papua Mobile Banking ini, lanjut Zendrato, dapat diakses atau di-support dengan smartphone tipe OS Android, sehingga nasabah bisa melakukan berbagai transaksi perbankan secara aman, mudah, dan cepat melalui perangkat smartphone. Di antaranya layanan informasi saldo, transfer (internal dan external), pembelian (voucher pulsa telephone, listrik PLN dan lainnya), pembayaran (tagihan telepon, Listrik PLN dan lainnya).
Tidak hanya itu, menurut Zendrato, berbagai terobosan dan inovasi produk dan layanan perbankan juga terus dilakukan. Sekaligus untuk menjawab tuntutan layanan digital di era pandemi dan new normal (kenormalan baru) ini.
“Untuk memudahkan interaksi dan layanan nasabah, Bank Papua beberapa waktu lalu meluncurkan layanan Whatsapp Business Corporate Bank Papua (WABA) yaitu Papua Custumer Care (PACE).”ungkapnya.
“PACE memudahkan nasabah untuk mendapatkan segala informasi terkait produk, jasa dan layanan Bank Papua selama 24 Jam Real Time dan Aplikasi Papua Digital Service merupakan fitur layanan yang memberikan kemudahan kepada nasabah Bank Papua untuk dapat mengambil nomor antrean kapan dan di mana saja melalui telepon seluler.”jelas Zendrato lebih lanjut.
Dalam rangka ikut menyemarakkan penyelenggaraan PON XX di wilayahnya, akhir September 2021 lalu, Bank Papua juga meluncurkan tiga produk digital sekaligus, yakni Internet Banking CMS Corporate, Laku Pandai (Papua Pandai), dan payment system atau sistem pembayaran menggunakan Quick Response Standar Indonesia (QRIS).
“ Terkait layanan QRIS, nasabah dan masyarakat kini dapat menggunakan QRIS Bank Papua sebagai sistem pembayaran yang relatif aman, cepat, nyaman dan efisien melalui aplikasi Mobile Banking Bank Papua. Hal ini juga memudahkan mitra usaha perdagangan dan UMKM, dimana QRIS Bank Papua bisa sebagai alternatif pembayaran non tunai dari pembeli.”bebernya.
Ditambahkan bahwa digitalisasi Bank Papua mendukung implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan mengakomodir transaksi nasabah berbasis industry 4.0. di tengah kehidupan kenormalan baru dan digitalisasi.
Selain itu, Bank Papua juga telah memberikan kontribusi tinggi terhadap peningkatan PAD dan juga berperan penting sebagai bank persepsi pengelolaan kas daerah secara mudah, cepat, aman dan akuntabel dengan menghadirkan Modul Pengeluaran Kas Daerah melalui Aplikasi CMS dan SP2D Online yang terhubung dengan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu melalui kanal 7020, Modul Penerimaan Kas Daerah melalui Penerimaan pembayaran pajak daerah seperti PBB, BPHTB, Pajak Hotel, pajak restoran, pajak hiburan serta pajak perijinan lainnya melalui kanal Teller, ATM, mobile banking dan modern channel seperti GOPAY. (*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *