Garap Usaha Gastor, Kapolres Ajak Mama-mama Papua Makan Bersama

Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum saat memberikan penjelasan sekaligus mengajak mama-mama yang telibat dalam usaha Gastor makan bersama, Kamis, (6/1). (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Kapolres Merauke AKBP. Ir.  Untung Sangaji, M.Hum tampaknya sangat serius dalam menggarap usaha ikan Gabus Toraja (Gastor) dengan memberdayakan masyarakat  asli Papua, khususnya mama-mama dari Jati-Jati, Kelurahan Rimba  Jaya Merauke dan dari Gudang Arang Kelurahan Kamahedoga Merauke.   Kamis (6/1), kemarin,   mama-mama Papua  yang tergabung dalam kelompok tangkap Gastor tersebut diajak makan bersama, di salah satu rumah makan Padang di Merauke. Sambil makan, Kapolres memberikan  arahan kepada mereka sekaligus pembagian tugas.  Di hadapan para mama-mama tersebut, Kapolres meminta para  mama-mama Papua yang akan bertugas khusus menangkap ikan  agar ikan yang ditangkap nanti harus tetap hidup.

‘’Tidak boleh  mati, karena kalau sudah mati, hasilnya tidak bagus,’’ kata Kapolres.  Dari kelompok  tangkap Gastor ini dibagi menjadi dua, yakni  ada yang khusus untuk membersihkan sekaligus belah ikan dan ada kelompok  yang tugasnya untuk  menangkap ikan.   ‘’Untuk alat tangkapdan pisau belah ikan kita sudah siapkan,’’ tandasnya. Kapolres yang suka memberi pelatihan home industri  bagi mama-mama Papua ini menjelaskan, mama-mama yang direkrut ini mempunyai keahlian menangkap ikan. ‘’Karena mereka ingin diperjakan dan kita sudah punya jalan  yakni tangkap Gastor untuk keringkan,’’ katanya.  Kelompok yang satunya, kata Kapolres, mama-mama  pengrajin tukang minyak dari  ikan Gastor.  Untuk ikan kering Gastor yang akan dibuat tersebut, Kapolres mengaku sudah punya target pasar yakni tamu-tamu yang datang  baik di hotel maupn di bandara.

‘’Tapi saya akan kerja sama dengan Balai POM agar produksi yang kita hasilkan  diawasi dan tidak salah. Harus bermutu,’’ tandasnya.  Ditambahkan, apa yang akan dilakukan ini  untuk membantu mama-mama Papua tersebut selain nantinya memiliki keterampilan dan keahlian untuk ikan asin khususnya Gastor, juga memiliki penghasilan untuk keluarga. (ulo/tho)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *