Dinilai Ingkar Janji, Pemilik Tanah Palang Pembangunan Perumahan  PT. EPA

Jalan menuju perumahan yang dibangun PT Elora Papua Abadi di Jalan Cikombong, Kelurahan Kamundu Merauke yang dipalang pemilik  tanah karena dinilai  pengembang wanprestasi, Jumat (7/1), sore kemarin  . (Sulo/Cepos)

MERAUKE–Karena dinilai ingkar janji (wanprestasi) atas kerja sama  pengembangan perubahan bersubsidi Tipe 36 yang dilakukan oleh PT Elora Papua Abadi, pemilik  tanah  Andreas  Buntu melakukan pemalangan jalan masuk ke  pembangunan perumahan tersebut,  Jumat (7/1).

Ditemui  di area pemalangan,  Andreas Buntu  mengaku, pemalangan ini  dilakukan karena pengembang tidak komitmen sesuai dengan perjanjian kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak.  Menurutnya, dalam perjanjian kerja sama yang dilakukan dengan pihak pengembang, komposisi keuntungan 40:60 persen. ‘’Saya sebagai  pemilik tanah akan mendapatkan porsi 40 persen dari keuntungan yang diperoleh, sedangkan pengembang mendapatkan  60 persen,’’ kata Andreas Buntu sambil memperlihatkan surat perjanjian  kedua belah pihak.  Namun kenyatannnya, lanjut dia, dari sudah terbangun 21 unit rumah dan beberapa  unit diantaranya  sudah terjual, namun pengembang baru memberikan  uang sebesar Rp 30 juta. ‘’Itu juga diberikan ke saya dengan cicilan Rp 10 juta setiap bulan selama 3 bulan,’’ jelasnya.  Padahal, ungkap Andreas Buntu jika dirinya sudah dijanji dari April 2021 kemudian Juli. Lalu janji Agustus 2021. ‘’Kemudian janji ke saya saat tutup  buku. Lalu janji saya lagi tanggal 31 Desember 2021 sampai sekarang ini tidak  ada realisasi,’’ jelasnya.  Andreas  Buntu mengaku, dari 40 persen keuntungan yang akan diperoleh dari 21 unit rumah yang dibangun  tersebut Rp 820 juta lebih.    Karena merasa mengingkari perjanjian, Andreas Buntu menilai jika pengembang telah wanprestasi. ‘’Saya sudah koordinasikan dengan kuasa hukum saya  Efrem Pangohoi dan kami sepakat untuk menarik kembali tanah saya di atas lahan 1.944 meter persegi untuk 21 unit  rumah tersebut,’’ kata pensiunan tentara  ini.  (ulo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *