Di Sentani Timur  39 Rumah Warga Terkena Dampak Banjir

Kondisi jalan utama kota sentani tepatnya di daerah jembatan dua,  terjadi longsor sehingga menyebabkan jalan sempat terputus,  Jumat (7/1). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Hujan deras yang berlangsung cukup lama di Kota Sentani dan sekitarnya, Kamis (6/1) malam hingga Jumat (7/1) pagi menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura.  Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Jayapura masih terus melakukan pendataan mengenai warga yang terkena dampak dari curah hujan deras yang terjadi Kamis hingga Jumat pagi tersebut.

Salah satu wilayah yang terkena dampak cukup serius adalah Distrik Sentani Timur,  tepatnya di Kampung Asei Kecil, dimana 39 kepala keluarga mengalami dampak bencana tersebut.

Sementara itu,  salah satu rumah warga yang ada di Asei Besar juga dilaporkan hanyut akibat bencana banjir  tersebut.

“Sementara ini dari data yang saya terima dari kepala kampung ada sekitar 39 rumah yang terkena dampak. Kemudian ada satu rumah di Asei Besar, juga hanyut terbawa banjir,” kata Kepala distrik Sentani Timur, Earli Suangburaro, kepada media ini,  Jumat  (7/1)  kemarin.

Dia mengatakan,  hingga saat ini pihaknya terus melakukan pendataan terkait jumlah korban yang terkena dampak dari bencana banjir yang terjadi pasca hujan lebat di Kota Sentani dan sekitarnya itu.

“Jadi saat ini kami  masih sementara mendata jumlah masyarakat yang terkena dampak dari bencana banjir ini,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu,  pihaknya juga bekerjasama dengan pemerintah kampung setempat mendata keluarga yang terkena dampak banjir. Namun dia meminta agar setiap petugas atau aparat kampung untuk tidak memberi jaminan kepada warga yang terkena dampak bahwa setelah pendataan itu akan diberikan bantuan dari pemerintah.

“Saya sampaikan kepada kepala kampung supaya tidak boleh memberi jaminan bahwa setelah pendataan itu mereka mendapatkan bantuan.  Jangan kasih harapan ke masyarakat.  Kita datang saja dulu siapa tahu  ada bantuan yang pemerintah kasih dan  tentunya sudah punya data,” tandasnya. (roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *