Bawa Ganja, Seorang Pemuda Asal Furia Diciduk

Aparat gabungan TNI Polri ketika menghentikan laju mobil Xenia yang melintas di Jl Poros Skow – Wutung pada Selasa (4/1). Dari hasil penggeledahan, Polisi menemukan barang bukti ganja yang dibawa seorang pemuda berinisial TM. TM Sendiri  telah ditetapkan sebagai tersangka. (Humas Polresta)

Miliki 265,7 Gram Ganja dan Langsung Jadi Tersangka

JAYAPURA-Penyidik Sat  Narkoba Polresta Jayapura Kota akhirnya menetapkan TM (26) sebagai tersangka kepemilikan barang haram, ganja. Warga Furia Kotaraja ini ditetapkan sebagai tersangka usai diciduk saat mengambil paketan ganja di jalan poros Skow – Wutung.

   Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustaf Urbinas melalui Kasat Resnarkoba Polresta Jayapura Kota, Iptu Alamsyah Ali, S.H., M.H menjelaskan selain menetapkan tersangka terhadap TM, kepadanya juga dilakukan pemeriksaan urine di Rumah Sakit Bhayangkara Kotaraja dan barang buktinya sendiri telah ditimbang untuk diketahui berat bersihnya.

    “TM telah kami tetapkan tersangka dan  juga sudah dites urine. Dari timbangan diperoleh barang bukti ganja seberat 265,7 gram,” ujar Kasat Alamsyah, Rabu (5/1).

   Ini dikatakan merupakan tindakan awal dimulainya penyidikan terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba. TM dijerat pasal 111 ayat (1) UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. TM tak bisa berbicara banyak karena saat itu ia terciduk dengan barang bukti di tangan.

   Polisi sendiri nampaknya sudah mengintai kemudian melakukan penyergapan. Ia tertangkap tangan  usai mengambil paketan ganja di jalan poros skouw-wutung oleh personil Polsubsektor Skouw-Wutung dibackup Denintel Kodam XVII Cenderawasih yang bertugas di perbatasan negara pada Selasa (4/1).

    Sebelumnya Sinergitas Polri dan TNI di perbatasan RI Skouw-Wutung berhasil menangkap TM. Ia ditangkap bersama narkotika jenis ganja kering seberat 3 ons beserta 3 orang saksi dengan menggunakan 1 unit mobil Daihatsu Xenia nomor polisi B 2914 SZC warna Silver.

   Penangkapan berawal saat personelnya Brigpol Faisal mendapatkan laporan dari masyarakat via telepon bahwa akan dilakukan transaksi narkotika jenis ganja disekitar jalan poros area Skouw – Wutung.

   Mendapatkan informasi tersebut anggota Polisi langsung meminta backup dari pihak TNI dari Inteldam XVII Cenderawasih yang bertugas di Pos Perbatasan untuk bersama-sama melakukan penyelidikan diseputaran TKP.

    Lanjutnya, beberapa saat kemudian di sekitaran jalan poros perbatasan RI-PNG terlihat mobil jenis xenia warna silver dengan penumpang yang gerak-geriknya mencurigakan hingga dilakukan pengecekan.

   “Dengan sigap anggota Polsubsektor Skouw bersama personil Deninteldam tiba di TKP dan melakukan penangkapan terhadap tersangka bersama barang bukti narkoba jenis ganja dibungkus dalam kantong plastik hitam yang sempat diambil dari semak-semak,” imbuhnya. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *