Marshall Suebu Buat Hutan Percontohan Tanaman  Bahan Baku Noken

Pemerhati Lingkungan Kabupaten Jayapura, Marshall Suebu. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI – Pemerhati lingkungan asal Kabupaten Jayapura  Marshall Suebu,  saat ini sedang mengembangkan hutan percontohan tanaman bahan baku pembuat noken di Kabupaten Jayapura.

Marshall Suebu mengatakan,  Noken merupakan tas tradisional Papua dan sudah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO, selanjutnya pemerintah  diwajibkan menjaga ketersediaan bahan baku alami pembuatan Noken tersebut.

“Kami sudah bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk membuat hutan percontohan tanaman penghasil bahan baku Noken,”ungkapnya  kepada wartawan di Sentani belum lama ini.

  Pihaknya juga memiliki ide membuat hutan koleksi tanaman Noken Papua Indonesia (Hutan Kotanopi) dan mendapat respon positif dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Pihaknya  bersama dengan Kelompok CPA Hiroshi,  saat ini sedang mendorong dikembangkannya hutan yang ditanami berbagai jenis tanaman penghasil bahan baku Noken di Kabupaten Jayapura.

“Dimulai dengan hutan percontohan yang sementara ini sedang disiapkan di wilayah Kemiri-Sentani, dengan luasan areal sekitar 2 hektar, untuk dikembangkan sebagai penghasil bahan baku Noken alami,” bebernya.

Pihaknya berharap apa yang sedang dikerjakan bersama sejumlah komunitas pecinta alam di Bumi Khenambay Umbay ini dapat berjalan dengan baik dan selanjutnya bisa juga dilakukan di kabupaten lain. (roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *